Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Edo Dwi Cahyo Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/tapis.v3i1.1411

Keywords:

Direct Instruction, Social Studies, Learning Outcome, Classroom Action Research, Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar, Penelitian Tindak Kelas

Abstract

This study aimed to improve students' learning outcomes of Social Studies by using Direct Instruction Learning Model. The Classroom Action Research was performed by engaging students of V A Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Banjarsari. Data collection technique were carried out using test and non-test techniques. The study revealed that the students' score increased from 78.17 up to 85.43. Furthermore, the use of Direct Instruction Learning Model simplified teachers for handling the learning process.

References

Amri, Sofan. Iif Khoiru Ahmadi. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya. 2010.

Binder, C., & Watkins, C. L.. Precision teaching and direct instruction: Measurably superior instructional technology in schools. Performance Improvement Quarterly, 3 (4) (1990), 74-96. http://dx.doi.org/10.1111/j.1937-8327.1990.tb00478.x

Cumalasari, Erita Indah. Penggunaan Modul Pembelajaran Dalam Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V SDN Petemon Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2, No 1 (2014). 1-13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10673

Effendi, Mukhlas. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kifayatul Akhyar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mas Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, STAIN Kudus. 2016. (Diakses 12 Maret 2019). http://eprints.stainkudus.ac.id/209/

Hamzah B, dkk. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2008.

Indrawati, Henny. Model Controversial Issues Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matakuliah Ekonomi Pembangunan, Jurnal Pendidikan. Vol 2, No 01 (2011). 28-34. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/661

Joyce, Bruce, dkk. (2009) Models of Teaching. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kanfush, Philip M.. Dishing Direct Instruction: Teachers and Parents Tell All. The Qualitative Report. Volume 19, (2014), Article 1 , 1-13. https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol19/iss1/1/

Panjaitan, Dedy Juliandri. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. Jurnal Mathematic Paedagogic. Vol I. No. 1, September 2016, hlm. 83 – 90. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/158

Pingge, Heronimus Delu, dan Muhammad Nur Wangid. Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 1 Desember 2016: 146-167. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/4947

Raehang. Pembelajaran aktif sebagai induk pembelajaran Koomperatif. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 7 No. 1 Januari-Juni (2014): 149-167. http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/issue/view/34

Rakian, Dina, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik di Kelas 1 SD Negeri Kolongan. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan (JFIP). Vol 2, No 4 (2014). Http://Ejournal.Unima.Ac.Id/Index.Php/Jfip/Article/View/5443

Rohani. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sdn 167644 Kota Tebing Tinggi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed Vol 4, No 1 (2015). 61-70. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/2901

Sarkia S. Manto, dkk. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Organ Tubuh Manusia Melalui Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 02 Karamat. Jurnal Kreatif Online. Vol 5, No 3 (2017). 170-180. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3844

Septiasih, Ni Wayan Ari. dkk. Penerapan Project Based Learning Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA di SD. Mimbar Pgsd Undiksha. Vol 4, No 1 (2016). 1-11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7306/4982

Sidik NH, Moch Ilham dan Hendri Winata. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 49-60. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3262

Suprapto, Hernu. Meningkatkan Pemahaman Dan Aktivitas Siswa Terhadap Materi Hukum Melalui Pengimplementasian Model Pembelajaran Langsung Pada Pengadilan Negeri Ponorogo. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1, No. 1, Juli 2016. 60-70. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/305

Sururunni’mah, Siti Mambau. (2017) Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Dengan Media Kartu Aksara Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas IV MI Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (Skripsi).

Wardhani, IGAK. Dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.

Published

2019-06-30