PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM PROGRAM ACARA SIRAMAN QALBU BERSAMA USTADZ DANU DI MNCTV (Studi Desa Tanjung Rejo Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM PROGRAM ACARA SIRAMAN QALBU BERSAMA USTADZ DANU DI MNCTV (Studi Desa Tanjung Rejo Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran)

  • M. Nasor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Esen Pramudya Utama Institut Agama Islam An Nur Lampung
  • Devi Saraswati Institut Agama Islam An Nur Lampung

Abstract

Dakwah bisa dilakukan dalam berbagai versi, salah satunya dengan cara berdakwah yang dilakukan oleh Ustadz Danu dalam acara siraman Qalbu di MNCTV. Ustadz Danu merupakan salah seorang yang berhasil menemukan titik temu antara penyakit jiwa (akhlak yang kurang terpuji) dan penyakit jasmani (fisik/badan) pada manusia. Acara Siraman Qalbu yang dibawakan oleh Ustadz Danu ternyata memunculkan beberapa persepsi atau tanggapan masing-masing masyarakat mengungkapkan tentang dakwah Ustadz Danu diacara siraman qalbu dengan berbagai macam. Dalam hal ini penulis ingin melihat persepsi dari masyarakat tentang dakwah Ustadz Danu dengan cara penyembuhan penyakit melalui bacaan do’a oleh Ustadz danu, dan bacaan sholawat islam dalam penyembuhan penyakit yang diderita oleh jama’ahya atau narasumber yang berkonsultasi.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan (Purposive Sampling) yaitu orang-orang yang diseleksi atas kreteria-kreteria berdasarkan tujuan riset. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik deskriptif kualitatif. Jumlah populasi 116 kemudian diambil sample 10 orang. Dengan menggunakan metode penelitian secara non randomsamplingatau non probabilityyang artinya tehnik pengambilan sample yang tidak semua individu dalam populasi diberi peluang yang sama untuk dipilih menjadi sample. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan menulis menemukan berbagai faktor persepsi diantaranya a) Menarik perhatian, b) mulai mempelajari, c) menerapkan pesan dakwah yang disampaikan oleh Ustadz danu dalam kehidupan sehari-hari.


Serta adanya respon positif dari masyarakat saat ikut mengaminkan do’a dan nasehat Ustadz danu memberikan ketenangan hati, dan sedikit mengurangi sakit, ketika kita niatkan semua hanya kepada Allah SWT. Pesan dakwah yang disampaikan oleh Ustadz danu selalu mengingatkan untuk menjaga akidah (keimanan), akhlak (perbuatan), syariah (ibadah). Pesan dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Danu dalam acara Siraman Qalbu di MNCTV menyatakan bahwa dari kesimpulan pesan dakwah yang disampaikan dengan mengikuti tata cara berdoa dengan Ta’awudz, bismillah, hamdallah, dan kemudian sholawat Nabi seperti dalam sholat, lalu memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat, kemudian menyebutkan apa yang diinginkan, diakhiri dengan tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan Kun fay yakun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2019)
Bambang S. Ma’arif, Komunikasi Dakwah Paradigma Untuk Aksi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017)
Emzir, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rajawali Pres, 2016)
Irawan, Suehartono, Metode Penelitian Social, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015)
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, (Jakarta: Bintang Indonesia, 2017)
Muhamad, Metodelogi Penelitian Ekonomi Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)
M. Munir dan Wahyu Ilaihi, Manajemen Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2016)
Program acara Siraman Qalbu, (online), tersedia di:https://www.mnctv.com/program/siraman-qolbu. (24/10/2019.
Rachamat, Jalaludin, Metode Penelitian Komunikasi, (Bandung: Rosdya Karya, 2015)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2017)
Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi, (Jakarta: Kencana, 2016)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2017)
Samsur Munir Amin, M.A. Makhrozi, Kiat Sukses Berdakwah, (Jakarta: AMZAH, 2015).
Sehat bersama Ustadz Danu” (Online), tersedia di:httcoups://.www.coursehero.com/file/22999844/sehat-Bersama-Ustadz-Danu.(23/10/2019).
Published
2021-08-11
How to Cite
NASOR, M.; UTAMA, Esen Pramudya; SARASWATI, Devi. PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM PROGRAM ACARA SIRAMAN QALBU BERSAMA USTADZ DANU DI MNCTV (Studi Desa Tanjung Rejo Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran). Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 70-83, aug. 2021. ISSN 2548-6446. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/3584>. Date accessed: 03 july 2024.