Meningkatkan Keterampilan Khat Imla’ dengan Pengembangan Modul
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-fathin.v6i02.5608Keywords:
material, skills, writing, khat, imlaAbstract
The background of this research is that when students learn Arabic language skills they have difficulty in writing Arabic. This study aims to develop and analyze the feasibility of khat and imla 'materials for seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah. This development research uses the Borg and Gall development research model with six stages. The results of this study indicate that teaching materials have been developed according to the Borg and Gall seven-step model, namely problem and potential identification, information gathering, product design, design validation, design revision, product testing, and product revision. The results of the validation of the developed teaching materials showed that the material experts assessed that the developed product was very well qualified, the learning expert was very well qualified, and the media expert was also very well qualified.
References
Amrulloh, Ahmad Yasir, dan Muhammad Fauzi. “Peningkatan Keterampilan Kitabah Melalui Khat Riq ‟ ah dengan Manhaj Hamidi di Sekolah Kaligrafi AL- Qur ‟ an ( SAKAL ) Jombang”. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan. Vol. 6 no. 1 (2021), hal. 43–58.
Churri, Mohamad Ainul, dan Yudha Anggana Agung. “Pengembangan Materi dan Media Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video untuk SMK Negeri 7 Surabaya”. Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 2 no. 2 (2013). tersedia pada https://core.ac.uk/download/pdf/230721799.pdf (2013).
Dewi, Asep Herry Hermawan; Permasih; Laksmi. Pengembangan Bahan Ajar n.d.
Harta, Idris et al. “Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP”. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Vol. 9 no. 2 (2014), hal. 161–74. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077.
Kelas 7 MTs Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa. “Observasi, Wawancara dan Dokumentasi dengan siswa dan telaah buku ajar”. Rajabasa, n.d.
Kesuma, Guntur Cahaya dan Asti Fauziyah. “Penerapan Metode Imlâ’ untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X SMA IT Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Al-Islami Karang Anyar Lampung Selatan”. Al-Bayan. Vol. 8 no. 2 (2016).
Khaerunnisa Azizatur Rahma, Zukhaira, Mohammad Yusuf Ahmad Hasyim. “Pengembangan Media Booklet 3D Berbahan Flanel untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas V MI”. Jurnal Lisanul Arab. Vol. 6 no. 1 (2017), hal. 59–63.
Koderi et al. “Iplementasi Strategi Mimicrymemorization pada Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah MIN 7 Bandar Lampung”. Al-Fathin. Vol. 4 (2021).
-------. “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SAVI Untuk Pembelajaran Bahasa Arab”. jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 19 no. 3 (2017), hal. 206–23.
Kuraedah, Sitti. “Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. At-Ta’dib. Vol. 8 no. 2 (2015), hal. 82–98. tersedia pada file:///C:/Users/User/Downloads/412-738-1-SM.pdf (2015).
Madrasah, Direktorat Kskk et al. “Keputusan Menteri Agama No.183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum dan Bahasa Arab pada Madrasah”. 2019.
Mujab, Ahmad Saiful et al. “Pengembangan Modul Bahasa Arab Berbasis Teori Psikologi Perkembangan Remaja Elizabeth B. Hurlock Kelas X MA”. Lisanul Arab. Vol. 7 no. 1 (2018), hal. 1–7.
Munawarah, dan Zulkiflih. “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab”. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 1 no. 2 (2021), hal. 22. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15.
Nasional, Departemen Pendidikan. Panduan Pengembangan Bahan Ajar 2008.
Norhidayah, Tri Priyatmi. “Pembelajaran maharah kitabah berbasis online”. Prosiding Koneferensi Bahasa Arab (KONASBARA). 2021 445–53. tersedia pada http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/999 (2021).
Noza Aflisia, Hazuar. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif”. Arabiyatuna. Vol. 4 no. 1 (2020), hal. 111–30. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1380.
Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Diedit oleh Desy Wijaya VIII. Jogjakarta: DIVA Press, 2015.
Sirojuddin, A R. “Peta Perkembangan Kaligrafi Islam di Indonesia”. Al-Turas. Vol. XX no. 1 (2014), hal. 219–32.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitif dan R&D (23 ed.). Bandung: ALFABETA, 2016.
Syahril, Sulthan, dan M. Akmansyah. “Pengembangan Modul Tarakib di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan”. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 8 no. 2 (2016), hal. 1–16. https://doi.org/10.24042/albayan.v8i2.366.
Wahid, Abdul. “Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkanprestasi belajar (”. ISTIQRA". Vol. V Nomor 2 (2018).
Widiarni, Desi Rusnita; Daimun Hambali; Endang Widi. “Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Berbasis Discovery Learning Pada Materi IPA Konsep Perpindahan Panas Di Kelas V Sekolah Dasar”. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar). Vol. 2 no. 2 (2019), hal. 199–209.