Persepsi Santriwati Dalam Pembelian Kosmetik Berlabel Halal

Penulis

  • Agus Alimuddin Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Lisda Aisyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura
  • Risa Alvia Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v10i01.4509

Kata Kunci:

Product, Halal, Certification, Label, Cosmetics

Abstrak

Produk halal sudah memarakkan dunia marketing dengan banyaknya produk-produk yang berlabel halal. Diantaranya yaitu kosmetik halal, namun hal ini sangat disayangkan ada produk halal tapi tidak berlabel halal. Salah satu diantaranya adalah produk kedokteran yang memiliki izin usaha, terdaftar di BPOM, bahkan tidak membahayakan oleh penggunanya namun tidak mengantungi izin label halal. Metode yang digunakan ialah kualitatif, menggunakan pendekatan sosiologis ekonomi yang tujuan untuk mengetahui bahwa sebuah produk yang berlabel halal atau kosmetik halal tidak hanya bisa dilihat dari label tapi beberapa tertentu yang bisa dijadikan tolok ukur dari sebuah produk halal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa label halal dalam kosmetik yang beredar di pasaran memberikan pilihan minat membeli sehingga dengan sikap bahwa adanya beberapa peran yang terjadi didalam sertifikasi halal diantaranya peran identitas agama, sikap, norma subjektif ataudan perceived behaviour control yang dapat menghasilkan peran positif atau negatif dalam minat pembelian produk.

Referensi

(LPPOM MUI) Lembaga Pengkajian Obat-obatan, Makanan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia. “Data Sertifikasi Halal LPPOM MUI Periode 2011–2018.” www.halalmui.org, 2019.
Abdul, J., N. Shaari, dan N. Shahira. “Dimension of Halal Purchase Intention: A Preliminary Study Shaari & Arifin.” International Conference Review of Business Research Papers 6, no. 4 (2010): 444–56.
Ahmad, Nor Ardyanti Binti, Tunku Nashril Bin Tunku Abaidah, dan Mohd Helmi Bin Abu Yahya. “A Study on Halal Food Awareness among Muslim Customers in Klang Valley.” In 4th International Conference on Business and Economic Research, 1075. Bandung, 2013.
Al-Jurjanî, Alî ibn Muhammad ibn Alî, dan Al-Ta‘rîfât. Tahqîq Ibrâhîm al-Abyari. Bayrut: Dar al-Kitab al-Arabi, n.d.
Anoraga, P. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Furchan, Arif. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
IZ, Fuad. “Kesadaran Hukum Pengusaha Kecil di Bidang Pangan dalam Kemasan di Kota Semarang terhadap Regulasi Sertifikasi Produk Halal.” Universitas Diponegoro, 2010.
Karim, AA. “Penguatan Ekonomi Nasional: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan.” In Prosiding Seminar Nasional di Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim. Malang, 2018.
Parhan, M, dan R. M. Ismail. “Understanding the Level of Halal Awareness Among Muslim and Non-muslim Young Consumers in Malaysia.” In Proceedings of Symposium on Technology Management and Logistics (STMLGoGreen), 2015.
Qal’aji, Muhammad Rawas, dan Muhammad Shadiq Qanaybi. Mu’jam Lughah al-Fuqahâ. Bayrut: Dar al-Fikr, 1985.
Rajagopal, S., S. Ramanan, dan S. Satapathy. “Halal certification: implication for marketers in UAE.” Journal of Islamic Marketing 2, no. 2 (2011): 138–53.
Rofiqoh, SNI. “Nilai Tukar dan NPF: Pengaruhnya Terhadap Sektor Perdagangan Halal di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan 1, no. 1 (2018): 1031–47.
Shaari, Jamal Abdul Nassir, dan N. S. Mohd Arifin. “Dimension of Halal Purchase Intention; A Preliminary Study, International Review of Business Research Papers.” International Review of Business Research Papers 6, no. 4 (2009): 444–56.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
“Wawancara dengan Marlina di Pondok Pesantren Darussalam Martapura,” 25 November 2022.
Zailani, Omar, dan Kepong. “Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan.” Jurnal Al-Amwal 8, no. 1 (2019): 17.

Diterbitkan

2022-07-19

Cara Mengutip

Persepsi Santriwati Dalam Pembelian Kosmetik Berlabel Halal. (2022). Adzkiya : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 10(01), 85-96. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v10i01.4509