Eksistensi Ritel Tradisional Di Tengah Keberadaan Ritel Modern Di Kota Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.32332/adzkiya.v10i01.4455Kata Kunci:
Traditional Retail, MSME Cooperatives and the Trade Office, One Stop Service Office.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Ritel Tradisional Di Tengah Keberadaan Ritel Modern Di Kota Padangsidimpuan serta mengetahui peran pemerintah dalam meningkatkan Eksistensi Ritel Tradisional Di Tengah Keberadaan Ritel Modern Di Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mewawancarai pedagang ritel tradisional dan pemerintah setempat. Hasil penelitian menunjukkan pedagang ritel tradisional memiliki persepsi yang berbeda setelah ritel modren berdiri di sekitaran usaha mereka. Tujuh dari sepuluh responden memiliki persepsi negatif sedangkan tiga orang lagi memiliki persepsi tidak ada dampak yang dirasakan. Peran pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan telah memberikan perhatian dan tidak melakukan pembiaran terhadap pedagang ritel tradisional. Para pedagang mendapatkan bantuan modal dan tawaran untuk alih usaha jika usahanya tidak mampu bertahan kemudian diberikan pelatihan keterampilan.
Referensi
Febrian Pramana Putra, D. (2014). Sebaran dan Potensi Minimarket (Studi Kasus : Kota Semarang. Jurnal Geodesi, Volume 3(Nomor 4).
Global Economic Monitor World Trend Plus. (2021). pertumbuhan ritel modern di Indonesia. https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth
Hakim, M. A. (2005). Manajemen Pasar Mengeruk Untung. Renaisan, PT Krisna Persada.
Kuntowijoyo. (2006). Budaya Dan Masyarakat. Tiara Wacana.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Munizu, M. (n.d.). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 12 No.
Peraturan Menteri Perdagangan, (2008).
Ridoan, I. (2021). wawancara di kantor Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Padangsidimpuan.
Saryadi. (2014). Dampak Ritel Modern Terhadap Pedagang Ritel Tradisional Di Wilayah Urban Provinsi Jawa Tengah. Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia, Volume 13(Issue 2).
Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama.
Suparmoko, I. dan M. (1998). Ekonomi Pembangunan. BPFE Yogyakarta.
Yenli. (2003). Dampak Kehadiran Ritel Modern Alfamart terhadap Ritel Tradisional. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/5667/2/T1_212009024_BAB I.pdf