PERANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 7 DI MTs N 01 PONOROGO 2023

Authors

  • Muhamad Fatkhul Muin Universitas Darussalam Gontor

Keywords:

Bimbingan Konseling, Kesulitan Belajar, dI MTs N 01 Ponorogo.

Abstract

Kesulitan belajar siswa merupakan permasalahan yang perlu diatasi. MTs N 1 Ponorogo menerapkan bimbingan dan konseling dalam pelajaran di kelas, yang berfungsi untuk memberikan materi bimbingan belajar. Peranan bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTsN 1 Ponorogo merupakan hal yang menarik untutk diteliti karena bimbingan belajar juga mencakup upaya mengatasi kesulitan belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kondisi kesulitan belajar peserta didik Kelas 7 di MTs N 01 kabupaten Ponorogo. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling Kelas 7 di MTs N 01 kabupaten Ponorogo. 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik Kelas 7 di MTs N 01 kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian study lapangan dengan pembahasan deskriptif analisis kualitatif. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, penulis menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi sehingga mendapatkan keterangan yang jelas mengenai pelaksanaan dan problematika dan solusinya bagi kelas tujuh di di MTs N 01 kabupaten Ponorogo, Sedangkan untuk mengelola data–data tersebut sehingga mencapai pada kesimpulan yang sempurna, penulis menggunakan metode Ian Dey analisis deskriptif yang melalui 4 tahap proses analisis yaitu Mengklarifikasikan, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Dari analisis data penelitian penelitian, peneliti mendapatkan bahwa: 1) Bentuk kesulitan belajar siswa di MTs N 01 Ponorogo berasal dari diri siswa itu sendiri, daya pemikiran rendah, dan tidak mengikuti materi pelajaran dengan baik. Kesulitan belajar dalam menangkap pelajaran yang diajarkan oleh para guru, disebabkan karena mempunyai rasa malas dalam belajar, pengaruh lingkungan, dan materi pelajaran yang dianggap susah seperti matematika dan berhitung. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar siswa meliputi: minat belajar siswa yang lemah, lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. 3) Upaya bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs N 01 Ponorogo meliputi: memberikan materi-materi bimbingan belajar secara konsentrasi, menggunakan papan bimbingan, dan instagram sebagai pusat informasi, konseling individu dan konseling kelompok,

Published

2023-06-30