DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD PGRI 15 A IRINGMULYO KOTA METRO

  • Risa Azizatul Muawanah
  • Nihwan Nihwan
  • Aguswan Khotibul Umam
  • Rizqi Annisa Fitri

Abstract

Penggunaan gadget mulai usia kanak-kanak bahkan dewasa dapat menggunakan alat kecil yang sangat praktis dan serba guna ini. Durasi penggunaan gadget yang terlalu lama karena kurangnya pengawasan akan menimbulkan berbagai masalah salah satunya dampak perkembangan emosional, perkembangan emosional merupakan perubahan sikap didalam diri anak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak usia 4-6 tahun di PAUD PGRI 15A Iringmulyo Kota Metro dan Intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak usia 4-6 tahun di PAUD PGRI 15A Iirngmuly Kota Metro. Manfaat penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional terhadap anak. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, berlokasikan di PAUD PGRI 15A Iringmulyo Kota Metro.sumber data yang didapat yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.untuk menguji keabsahan data digunakan tringulasi, dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dimpulkan bahwa: Dampak penggunaan gadget terhadap emosi anak, anak mudah marah, cenderung lebih egois, bahkan sampai tantrum jika menyangkut tentang gadget. Dan Intensitas penggunaan gadget terhadap emosional anak, jika durasi penggunaan gadget lebih dari 1 jam perhari dan dilakuakan secara terus menerus maka akan berakibat terhadap perkembangan emosional anak.

References

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Aspeknya. Kencana Prenada Media Grup.
Chusna, P. A. (t.t.). Pengaruh Media Gedget Pada perkembangan Karakter Anak. 16.
Hurlock E,B. (1898). Psikolohi Perkembangan: Suatu Pendekatan Rentan Kehidupan. Erlangga.
Indiana Sunita & Eva Mayasari. (2017). Yes Or Not Gadget Buat Si Buah Hati. CV Budi Utama.
Lexy J. Moleong. (1989). Metode Penelitian Kualitatif. Remadja Karya.
Luh Ayu Tirtayani, Nice Maylani Asril, & Nyoman Wirya, I. (2014). Perkembangan Sosial Emosioanl Pada Anak Usia Dini. Graha Ilmu.
Nurhaeda. (2018). Dampak Penggunaan Gedget Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di Paud Terpadu Mutiara Hati Palu. 1.
Permendikbud. (t.t.). Peraturan Mentri Pendidikan Dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini , Bab 1 Pasal 1, 5.
Rita Eka Izzaty. (2017). Prilaku Anak Preasekolah Masalah Dan Cara Menghadapinya. PT Elex Media Komputindo.
Rown. (t.t.). Impact Of Technologu On Child Sensory And Motor Development Children’s Thingking.
Syamsu Yusuf. (2000). Psikologi Perkmbangan Anak Dan Remaja. Remaja Rosdakarya.
Triantono Ibnu Badar al-Tabany. (2013). Desain Pengemabangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA Dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana Prenada Media Grup.
WHO. (t.t.). The Global Strategy For Women’s , Children’s And Adolescents; Health (2016-2030). https://www.who.int/life-course/partners/global-strategy/globalstrategyreport2016-2030-lowres.pdf
Published
2022-07-10
How to Cite
MUAWANAH, Risa Azizatul et al. DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD PGRI 15 A IRINGMULYO KOTA METRO. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 42-49, july 2022. ISSN 2827-9166. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/IJIGAEd/article/view/4744>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i2.4744.