Implementasi Strategi Trading Place Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Memenuhi Ketrampilan Siswa di Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.32332/tapis.v6i1.3760Keywords:
Strategi Pembelajaran, Trading Places Dan PAIAbstract
Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi dari trading places sebagai dari strategi pembelajaran, strategi pembelajaran itu sendiri yakni adalah sebuah gabungan atau tatanan dari serangakaian kegiatan proses balajar mengajar, dengan melakukan suatu cara seperti halnya menjelaskan suatu meteri pembelajaran kepada siswa, seperti bahan ajar, waktu maupun peralatan yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar guna untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Kemudian strategi trading itu sendiri yakni usaha untuk mendorong para peserta didik untuk lebih mengenal, serta bertukar pendapat maupun bertukar gagasan atau pun mencari ide-ide baru dari permasalahan-permasalahan yang ada, dengan demikian strategi ini sangat diperlukan guna untuk kelancaran dalam proses belajar mengajar, di dalam pembelajaran pun tidak dapat terlepas dari pedoman agama
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Trading Places Dan PAI
Abstract
The study is intended to find out how the strategy of trading places as a learning strategy, the learning strategy itself is a combination or arrangement of a series of teaching and learning process activities, by doing a way such as explaining a learning material to students, such as teaching materials, time as well as the equipment needed in the teaching and learning process in order to achieve the learning objectives that have been set in advance. Then the trading strategy ifself is an effort to encourage students to get to know, and exchange opinions or exchange ideas or look for new ideas form existing problems, this strategy is very necessary in order to smooth the teaching and learning process, in learning can not be separated from religious guidelines
Keyword: Learning Strategies, Tarding Places And PAI
References
Arifin, H. M. (2000). Kapita Selekta Pendidikan. Cet. IV. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional..
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Edu, A. L., & Dali, O. N. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Trading Place Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ips Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD), 2(1), 59–64.
Fauziyah, U., & Nafi’ah, I. (2020). Penggunaan Metode Trading Places Dalam Pembelajaran Asmāul H}Usna Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Sittah: Journal of Primary Education, 1, 45–56. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2072
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.
Hamalik, O. (2005). Keterampilan dalam Belajar. Jakarta: Balai Pustaka.
Hasanah, N. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Trading Place Berorientasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Membaca Artikel Ilmiah Populer. Garut: STKIP Garut.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Johnson, E. B. (2009). Contextual Teaching And Learning. Bandung: MLC.
Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Makmun, A. S. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudhafir, F. (2000). Krisis dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Mawardi Prima.
Muhtadi, A. S. (2012). Komunikasi Dakwah Teori Pendekatan dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Ondeng, S. (2004). Islam dalam Berbagai Dimensi; Kajian tentang Agama, Sejarah dan Pendidikan. Tangerang: Berkah Utami.
Pahrudin, A. (2017). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Pendekatan Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: Pusaka Media.
Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., ... & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Prihadi, E. (2018). Pengembangan keterampilan 4c melalui metode poster comment pada mata pelajaran pai dan budi pekerti (Penelitian di SMA Negeri 26 Bandung). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(1).
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107-117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
Silberman, M. (2009). Active learning 101 Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani..
Sukardi, I. (2013). Model-Model Pembelajaran Modern. Palembang: Tunas Gemilang Press.