Strategi Pengembangan Kompetensi Mahasantriwati
Studi Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Kampus 1 Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2471Keywords:
Competency Development Strategy, Mahasantriwati, Student Islamic Boarding SchoolAbstract
This study aims to investigate the efforts of Ma'had Al-Jami'ah of AIN Sultan Amai Gorontalo in exploring and developing mahasantriwati's competencies. This field research employed descriptive qualitative methods through primary and secondary data sources. The data collection techniques employed in this study were observation, interview, and documentation. The results of the study showed that the effort in developing mahasantriwati's competencies was manifested in such superior programs, namely curriculum and learning method development program; human resources, syllabus, and institutional development program; academic potential development program; language competency development program; and skills development program.
References
Bakar, A. (2014). Sinergi Pesantren Dan Perguruan Tinggi (Studi Pengembangan Kurikulum Ma’had Sunan Ampel Al-Ali Malang). Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 34.
Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Hayun, S. (2019). Penggunaan Metode Diskusi Mata Pelajaran PKN dalam Meningkatkan Kemampuan Mengeluarkan Pendapat pada Siswa Kelas V SD Inpres Daeo Kecamatan Morotai Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(3), 77-90.
Hidayat, T., & Rizal, A. S. (2018). Pola Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung dalam Membentuk Kepribadian Islami. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 357-369.
Imam, G., Pd, S., & Pd, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mbete, A. M. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan: Perspektif Ekolinguistik. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(2), 352-364.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.
Musianto, L. S. (2004). Perbedaan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dalam metode penelitian. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 4(2), 123.
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.
Nawa, A. T. (2018). An Investigation of Thai Students’english Language Learning Strategies. Pedagogy: Journal of English Language Teaching, 6(1), 47-56.
Nurrahmaniah, N. (2019). Peningkatan Prestasi Akademik melalui Manajemen Waktu (Time Management) dan Minat Belajar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 149-176.
Rejeki, W. W. (2019). Upaya Penerapan Pembelajaran Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Dewantara, 6(02), 170-182.
Sa'idah, Z. (2019). Tradisi Muhadharah Mengkaji Islam Rahmatan Lil ‘Alamin di MTS Salafiyah 2 Menganti Gresik. Tadrib, 5(2), 198-216.
Saputri, E. I. Sistem Informasi Pengelolaan Inventaris Berbasis Client-Serverpada Pt. cahaya Agung Cemerlang Semarang (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer Semarang).
Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial Bandung: Refika Aditama.
Sudarsono, B. (2017). Memahami Dokumentasi. Acarya Pustaka, 3(1), 47-65.
Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Evaluasi. Metodologi Penelitian. Purwokerto: Percetakan Alphabet.
Suprayogo, I. (2011). Hubungan antara Perguruan Tinggi dan Pesantren. Malang: UIN Press.
Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).
Wahono, J. (2014). Pentingnya Organisasi Dalam Mencapai Sebuah Tujuan. Academy of Education Journal, 5(1).
Wahyuni, I. (2018). Tantangan dan Peluang Pengembangan Keterampilan Bahasa Arab Komunikatif di Pesantren Modern Gontor Putri 4 Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 67-84.
Zahratul Hikmah, N. A. I. L. A., & Suprapto, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Tipe Buzz Group untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas X MIA Materi Usaha dan Energi. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2).