Penerapan Pembelajaran Metode Everyone Is Tacher Here dalam Meningkatkan Interaksi Siswa IPS

Authors

  • Nining Winarsih Tadris IPS Universitas Islam Zainul Hasan
  • Fina Siddiqah Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v5i1.8597

Keywords:

metode everyone is teacher here,interaksi siswa, pelajaran ips

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak metode pembelajaran "Everyone is Teacher Here" terhadap hasil belajar siswa di SMPI Irsyadul Mubtadi’in pada pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa SMPI Irsyadul Mubtadi’in. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui empat tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil evaluasi nilai pos test dari dua pertemuan menunjukkan peningkatan yang signifikan, menandakan keberhasilan metode "Everyone is Teacher Here" dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Meskipun pada pertemuan awal dengan pre test terlihat kurangnya peningkatan, namun pada keseluruhan, metode ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa.

Downloads

Published

2024-05-16