KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MASA PANDEMI (Studi Kualitatif Pada Guru IPS di SMP N 1 Kibang)

  • Titik Muji Rahayu Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Tusriyanto Tusriyanto Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Sri Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Kompetensi Pedagogik Guru yang mencakup empatĀ  kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kurangnya profesionalitas guru dalam pembelajaran di masa pandemi, dilihat dari tidak diterapkannya kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPS SMP N 1 Kibang, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer guru IPS SMP N 1 Kibang. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, data display dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi Pedagogik Guru IPS di SMP N 1 KibangĀ  sudah baik, hal ini dapat dilihat dari penguasaan indikator kompetensi pedagogik guru yaitu kemampuan guru dalam pemahaman peserta didik, perancangan dan pelaksanaan dari perangkat pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik.

Published
2022-06-30
How to Cite
RAHAYU, Titik Muji; TUSRIYANTO, Tusriyanto; WAHYUNI, Sri. KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MASA PANDEMI (Studi Kualitatif Pada Guru IPS di SMP N 1 Kibang). SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 194 - 204, june 2022. ISSN 2722-7154. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/social-pedagogy/article/view/4992>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4992.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.