Relevansi Pemikiran Hamka Terhadap Pendidikan Islam Masa Kini

  • Ilma Zahrotun Naili Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Mutrofin Mutrofin Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

This research discusses the relevance of Hamka's thoughts on Islamic education today. This type of research is qualitative research with library research data collection techniques with data sources coming from manuscripts in the form of documents that are in accordance with the object of research and then analyzed to produce conclusions in accordance with the research objectives. Based on the results of the research, it is concluded that Hamka's Islamic education thinking is still relevant to be applied to today's Islamic education model. This is because Hamka's thoughts related to Islamic education by optimizing all human potential by using Islamic religious principles can be used as a bulwark in the face of rapid technological developments that have the potential to erode human morals and potentially make humans embrace secularism.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Hidayah Rahmat. Ilmu Pendidikan; Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Penertbit LPPI. 2019.

Ahsan, Aviceena Ahmad. (2021). Pendidikan Islam Modern Dalam Perspektif Buya Hamka. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta) Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/63690/1/11160110000062_Ahmad%20Aviecena%20Ahsan_watermark%20%281%29%20-%20AHMAD%20AVIECENA%20AHSAN%202016.pdf

Alfian, Muhammad. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Buya HAMKA. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 19, No. 02, Desember 2019, 89 – 98

Alif, Admin. (2023). Perspektif Buya Hamka Mengenai Pendidikan Islam, diakses melalui https://alifiqra.id/artikel-id/perspektif-buya-hamka-tentang-pendidikan-islam/, pada 20 Agustus 2023

Basyit, Abdul. Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Rausyan Fikr. Vol. 14 No. 1 Maret 2018, 155-179

Chaer, Moh. Toriqul, and Fitriah M. Suud. “Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian Q.S. Luqman/31: 12-19 Dalam Tafsir Al-Azhar).” Southeast Asian Journal of Islamic Education 2, no. 2 (May 28, 2020): 121–35. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2192

Deditriyanto. (2019). Meniti Jejak Konsep Dasar Metodologi Pendidikan Islam dalam Pemikiran Pendidikan Buya Hamka, diakses melalui https://isnet.or.id/meniti-jejak-konsep-dasar-metodologi-pendidikan-islam-dalam-pemikiran-pendidikan-buya-hamka/, pada 5 September 2023

Faishol, Moh, and Hanifuddin Hanifuddin. “Pendidikan Tasawuf Perspektif Buya Hamka.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 11, no. 2 (December 30, 2019): 344–58. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i2.3251.

Hamka. Dari Hati ke Hati. Depok: Gema Insani. 2015.

Chasanah, Uswatun, dkk. Rekontekstualisasi Ide Pendidikan Perempuan Buya Hamka: Studi Analisis Hermeneutika Gracia. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 19 No.1, 2021, 41-52

Isnaini, Abrohul. “Sistem Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ri’ayah 7, no. 1 (2022): 107–116.

Istiqlal, Abdul dan Rinsik, Afdhal. Menelaah, Meneladani Figur dan Perspektif Buya Hamka Terhadap Dunia Pendidikan Melalui Hasil Pemikiran Karya-Karya Tulis dan Sastranya. JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Volume VI Nomor 1, Maret 2023, 81-88

KPPBC TMP Tanjung Emas. Buya Hamka: Haji Abdul Malik Karim Amrullah, diakses melalui https://bctemas.beacukai.go.id/profil/buya-hamka-haji-abdul-malik-karim-amrullah/#:~:text=Setelah%20tiga%20hari%20menjalani%20perawatan,di%20TPU%20Tanah%20Kusir%2C%20Jakarta, pada 1 Oktober 2023

Lani, Sah, Muh Turizal Husein, Fathi Halimi, and Ibnu Asqolani. “PEMIKIRAN HAMKA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH IV KOTA TANGERANG.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 2022, 155-170 https://doi.org/10.31000/rf.v18i1.6068.

Mdk. (2014). Bisa selesaikan Tafsir Al-Azhar, Hamka bersyukur dibui Soekarno, diakses melalui https://www.merdeka.com/peristiwa/bisa-selesaikan-tafsir-al-azhar-hamka-bersyukur-dibui-soekarno.html pada 1 Oktober 2023

Mela, Gus Rosi. (2021). Konsep Pendidik Menurut Hamka Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Masa Kini. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu). diakses dari https://repository.iainbengkulu.ac.id/6609/1/skripsi%20lengkap%20rosi.pdf

Mukarromah, Ivatul, Buyung Syukron, and Isti Fathonah. “NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR KARYA BUYA HAMKA.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 5, no. 01 (June 15, 2021): 93-109. https://doi.org/10.24127/att.v5i01.1599.

Mursal. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka.” Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 11, no. 2 (2022): 101–15. https://doi.org/2807-1883.

Noor Athiyah Inayati, Siti, Rohdearna Ramadhani, Rizka Ramadhani, and Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMIKIRAN BUYA HAMKA,” Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no.1 (2020): 49-58. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Pristiwanti, D, B Badariah, S Hidayat, and R. S Dewi. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022): 7911–7915.

Putra, Muhammad Nazir, and Khoruddin Nasution. “Pemikiran Pendidikan Islam Hamka Dengan Pendekatan Historis” 13, no. 1 (2022): 53–56. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.

Kumalasari, Dyah dan Wibowo, Yoga Ardi. Kajian Sejarah Pendidikan : Pemikiran, Pendidikan Karakter Hamka. Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol. 18, No. 1, Juni 2021 (81 - 89).

Suryani, Ice. (2021). Pemikiran Prof. Dr. H. Abdul Malik Bin H. Abdul Karim Amrullah (Buya Hamka) Tentang Pendidik Dalam Pendidikan Islam. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/19030/ pada 18 Oktober 2023

Uhamka, Akhlanudin. (2016). Pandangan Buya Hamka tentang Pendidikan, diakses melalui https://gema.uhamka.ac.id/2016/08/18/pandangan-h-buya-hamka-tentang-pendidikan/ pada 18 Oktober 2023

Wahyu Utomo, Agung, Mohamad Ali, and Muh Nur Rochim Maksum. Konsep Pendidikan Religius Rasional: Studi Pemikiran Buya Hamka Dan Mohammad Natsir. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Special Edition) Vol.11 No.001, 2002, 711-724

Zul, Dian Rahmi. Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka. Kutubkhana: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol. 20 No.2 (2020). 102-120
Published
2024-07-01
How to Cite
NAILI, Ilma Zahrotun; MUTROFIN, Mutrofin. Relevansi Pemikiran Hamka Terhadap Pendidikan Islam Masa Kini. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 46-56, july 2024. ISSN 2548-6446. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/8107>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32332/riayah.v9i1.8107.