Relevansi Profil Pancasila Kurikulum Merdeka Dengan Evaluasi Nilai Karakter Nabi Muhammad Dalam Syair Burdah

  • Mihrab Afnanda IAI Darussalam Martapura
  • Nuril Huda Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Dina Hermina Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Abstract

The research describes the relevance of independent curriculum learning with the evaluation of the character values of the Prophet Muhammad in Syair Burdah. This research uses descriptive qualitative method with data source Syair Burdah. Based on the results: (1) stanza 29 that the Apostle has the character value of Diligence, and the relevance of the independent curriculum also emphasizes that students must be diligent and focused in learning; (2) stanzas 30, 31 and 32 that the Apostle has the character value of restraining lust and zuhud and the relevance of the independent curriculum emphasizes students' self-control; (3) stanzas 34 and 40 that the Apostle has the character value of a wise and wise leader and the relevance of the independent curriculum emphasizes wise and responsible students; (4) stanza 35 that the Apostle has the character value of honesty (siddiq) and the relevance of the independent curriculum emphasizes students to be honest in everything; (5) stanza 39 contains that the Apostle has the character value of courtesy and the relevance of the independent curriculum emphasizes students to be polite.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, Muhammad. Burdah ; Antara Kasidah, Mistis dan Sejarah. Pustaka Pesanttren, 2009.
adoc.pub. “Tekun Di Dalam Beribadah - PDF Free Download.” Diakses 31 Januari 2023. https://adoc.pub/tekun-di-dalam-beribadah.html.
Afnanda, Mihrab. “Hubungan Pendidikan Anti-Korupsi Dengan Pendidikan Akhlak Dalam Islam Sebagai Manifestasi Pencegahan Prilaku Korupsi (Kajian Nilai-nilai Kejujuran, Kepedulian dan Keadilan).” Darussalam 22, no. 2 (2021).
———. “Perhatian Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan 5, no. 1 (2021).
“Arraudhah Sekumpul.” Diakses 31 Januari 2023. https://id-id.facebook.com/ArraudhahSekumpul.
“bukusaku.pdf.” Diakses 31 Januari 2023. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/bukusaku.pdf.
ditpsd.kemdikbud.go.id. “Profil Pelajar Pancasila.” Diakses 31 Januari 2023. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila.
“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Diakses 31 Januari 2023. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nilai.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. “Kurikulum Merdeka, Membangun Potensi Siswa sesuai Fitrahnya,” 18 Februari 2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-membangun-potensi-siswa-sesuai-fitrahnya.
Khisomuddin, M. Gus. “Kurikulum Merdeka Belajar, Sebuah Oase Kecil Dalam Gurun Pendidikan Indonesia.” Diakses 31 Januari 2023. https://guruinovatif.id/@hisyam28/kurikulum-merdeka-belajar-sebuah-oase-kecil-dalam-gurun-pendidikan-indonesia.
Krippendorff, Klaus. Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications, 2018.
LPMQ. Qur’an Kemenag in Word. v.3, 2023. https://lajnah.kemenag.go.id/unduhan/category/1-qkiw.
Magdanta, Irfan. “Konsep Tauhid Sifat Dua puluh Dalam Pandangan Sayid Usman Betawi Dan Tim Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari (Studi Perbandingan),” 2019.
Mansur, Amril. “Implementasi Klarifikasi Nilai Dalam Pembelajaran dan Fungsionalisasi Etika Islam.” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 5, no. 1 (2006): 44–69.
Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.” Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK). Remaja Rosdakarya, 2007. http://library.stik-ptik.ac.id.
Muslim, Terjemah Shahih. “Shahih muslim.” STUDI KITAB HADIS: Dari Muwaththa’Imam Malik Hingga Mustadrak Al Hakim 54 (2020).
Muzazin, Ahmat Arif. “Teks Bacaan Burdah Imam Al Bushiri - Media Blora.” Diakses 31 Januari 2023. https://blora.pikiran-rakyat.com/khasanah/pr-2092674078/teks-bacaan-burdah-imam-al-bushiri.
Puteri, Aullia Rachma. “Definisi Kontrol Diri dan Implementasinya dalam Kehidupan Sehari-hari, Materi Agama Islam Kelas X SMA Kurikulum Merdeka - Semua Halaman - Nakita.” Diakses 31 Januari 2023. https://nakita.grid.id/read/023666183/definisi-kontrol-diri-dan-implementasinya-dalam-kehidupan-sehari-hari-materi-agama-islam-kelas-x-sma-kurikulum-merdeka?page=all.
“Rasulullah SAW, orang pilihan yang cerdas, jujur, bijaksana dan penuh takwa - Muslima.” Diakses 31 Januari 2023. https://muslima.hops.id/khazanah/pr-3042152976/rasulullah-saw-orang-pilihan-yang-cerdas-jujur-bijaksana-dan-penuh-takwa.
Robbins, Stephen P., dan Tim Judge. “essentials of organizational behavior,” 2012.
rokhani, siti, dan ajriya nur afina. “studi penafsiran lafadz syafā’at dalam tafsîr al-wasîth karya wahbah az-zuhailî.” Al Karima: Jurnal Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir 6, no. 1 (2022): 65–75.
Setiawan, Dono. “Siswa Merdeka dengan Karakternya.” Diakses 31 Januari 2023. https://guruinovatif.id/@Setia123/siswa-merdeka-dengan-karakternya.
Triana, Rumba. “Zuhud dalam Al-Quran.” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2, no. 03 (2017).
Weber, Robert Philip. Basic Content Analysis. SAGE, 1990.
Published
2023-08-02
How to Cite
AFNANDA, Mihrab; HUDA, Nuril; HERMINA, Dina. Relevansi Profil Pancasila Kurikulum Merdeka Dengan Evaluasi Nilai Karakter Nabi Muhammad Dalam Syair Burdah. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 86 -96, aug. 2023. ISSN 2548-6446. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/6463>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.32332/riayah.v8i1.6463.