PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMA/SMK

  • Sunarto Sunarto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Achmad Asrori Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ahmad Hidayat Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis aplikasi Android adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Android dengan melakukan setiap langkah mulai dari merancang aplikasi itu, memvalidasi aplikasi itu oleh para ahli, mengetahui bagaimana guru dan siswa menanggapi aplikasi itu dan menguji efektivitasnya. Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian tersebut adalah desain ADDIE. Penelitian dimulai dari menemukan tiga sekolah potensial yang digunakan sebagai lokasi penelitian dengan melakukan kegiatan observasi, dialog dan dokumentasi. Selanjutnya membuat aplikasi tersebut dan memvalidasi aplikasi tersebut oleh para ahli dengan instrumen penelitian kuesioner yang ditentukan sesuai dengan spesialisasi ahli. Aplikasi tersebut dinyatakan valid oleh ahli, dari ahli media dengan skor 37 dan persentase skor 87,5% dengan kriteria “sangat layak”, dan dari ahli teori dengan skor 17,5 dan persentase skor 82% dengan kriteria “ sangat layak”. Setelah aplikasi tersebut dinyatakan valid oleh ahlinya, selanjutnya aplikasi tersebut akan diterapkan di SMA yang telah ditentukan, dimulai dari penilaian aplikasi tersebut oleh guru dengan nilai evaluasi 20 dan persentase skor 80% dengan kriteria “layak”. Kemudian dari siswa, pertama pada uji coba skala kecil diperoleh nilai evaluasi sebesar 17,8 dan persentase skor sebesar 87,5% dengan kriteria “sangat layak” dan kedua pada uji coba skala besar diperoleh nilai evaluasi sebesar 17 dan persentase skor sebesar 87% dengan kriteria “sangat layak”. Dan untuk uji efektivitas aplikasi, peneliti mengadakan pre-test dan post-test dengan metode perhitungan N-gain. Pertama pada uji coba skala kecil diperoleh skor N-gain sebesar 0,74 dengan kategori efektivitas “tinggi”, dan kedua pada uji coba skala besar diperoleh skor N-gain sebesar 0,66 dengan kategori efektivitas “sedang”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.
Fahyuni, Eni Fariyatul, Buku Ajar Teknologi, Informasi dan Komunikasi Prinsip dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam. Sidoarjo: Penerbit Umsida Press. 2017.
Hake, Richard. R.. Interactive-Engagement vs. Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses, 661(1): 65. 1998.
Kulbi, Sofia Zaini, Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam. 2 (3). 285-406. 2019.
Lubis, Maesaroh, Peluang pemanfaatan pembelajaran berorientasi teknologi informasi di lingkup madrasah (mempersiapkan madrasah berwawasan global). Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 01 (2). 147-153. 2016.
Morris, William. The American Heritage Dictionary of English Language,. Boston: Houghton Miffin. 1973.
Subagyo, P. Joko. Meodologi Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakara: Aneka Cipta. 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2019.
Syafril, Syafrimen, dkk, Aplikasi Inventor Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Android di SMAN I Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah, Al-Tadzkiyyah. 12 (1). 107-127. 2021.
Yusuf, Munir, Pengantar Ilmu Pendididkan. Palopo, Sulawesi Selatan: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Published
2022-12-04
How to Cite
SUNARTO, Sunarto; ASRORI, Achmad; HIDAYAT, Ahmad. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMA/SMK. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 236-252, dec. 2022. ISSN 2548-6446. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/5839>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.32332/riayah.v7i2.5839.