PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN ISLAM

  • Syaripudin Basyar

Abstract

Pendidikan adalah bimbingan, kepemimpinan, dari pendidik kepada siswa dengan perkembangan fisik dan spritual, pendidikan membentuk karakter, sifat, dan, perilaku siswa secara sistematis. Pendidikan adalah pengembangan siswa untuk mengembangkan potensi, alasan. Dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Dalam dunia pendidikan ada beberapa tokoh dalam ilmu pendidikan. Memahami pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana proses pembelajaran bagi siswa untuk secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk memiliki kekuatan spritual, kontrol diri, kepribadian, kecerdasan, karakter mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh diri mereka sendiri dan masyarakat. Pengertian pendidikan dapat diartikan sebagai efferot yang sadar dan sistematis untuk mencapai standar hidup atau untuk program yang lebih baik, sederhananya, memahami pendidikan adalah proses pembelajaran bagi siswa untuk dapat memahami, dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deswita, Deswita. “Konsep Pemikiran Ibnu Sina Tentang Pendidikan Akhlak.” Ta’dib 16, No. 2 (28 September 2016): 168–76.
Huda, Choirul. “Pemikiran Ekonomi Bapak Ekonomi Islam; Ibnu Khaldun.” Economica: Jurnal Ekonomi Islam 4, No. 1 (31 Mei 2013): 103–24.
Kurnia, Riana Afliha Eka. “Teori Aljabar Al-Khawarizmi.” Jurisdictie 0, No. 0 (20 November 2012).
Ma, Muhammad Asrul Pattimahu. “Filosof Islam Pertama (Al-Kindi).” Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial 6, No. 1 (2017): 1–9.
Madani, Abu Bakar. “Pemikiran Filsafat Al-Kindi.” Lentera 17, No. 2 (2015).

Muhtar, Fathurrahman. “Abu Abdullah Ibn Musa Al-Khawarizmi (Pelopor Matematika Dalam Islam).” Beta: Jurnal Tadris Matematika 7, No. 2 (28 November 2014): 82–97.
Mulyadi, Achmad. “Pemikiran Al-Khawarizmi Dalam Meletakkan Dasar Pengembangan Ilmu Astronomi Islam.” International Journal Ihya’ ’Ulum Al-Din 20, No. 1 (2 Agustus 2018): 63–86.
Nahrowi, Moh. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Khaldun.” Falasifa : Jurnal Studi Keislaman 9, No. 2 (2 September 2018): 77–90.
Nur, Abdullah. “Ibnu Sina: Pemikiran Fisafatnya Tentang Al-Fayd, Al-Nafs, Al-Nubuwwah, Dan Al-Wujûd.” Hunafa: Jurnal Studia Islamika 6, No. 1 (15 April 2009): 105–16.
Pasiska, Pasiska. “Epistemologi Metode Pendidikan Islam Ibnu Khaldun.” El-Ghiroh 17, No. 02 (September 2019): 127–49.
Putra, Aris Try Andreas. “Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Kontemporer.” Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan) 6, No. 2 (5 Agustus 2016): 191–201.
Setiawan, Eko. “Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali.” Jurnal Kependidikan 5, No. 1 (31 Mei 2017): 43–54..
Setiyawan, Agung. “Konsep Pendidikan Menurut Al- Ghazali Dan Al-Farabi (Studi Komparasi Pemikiran).” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 13, No. 01 (16 Mei 2016): 51–71.
Sumanto, Edi. “Tuhan Dalam Pandangan Filosuf (Studi Komparatif Arestoteles Dengan Al-Kindi).” El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis 7, No. 1 (12 Juni 2018): 83–90.
Wahyudi, Dedi, Dan Nelly Agustin. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, No. 1 (8 Juni 2018): 37–59.
Published
2020-07-29
How to Cite
BASYAR, Syaripudin. PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN ISLAM. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 96-102, july 2020. ISSN 2548-6446. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/2306>. Date accessed: 06 july 2024.