PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • tusriyanto tusriyanto

Abstract

Fase anak usia 0-6 tahun (golden age) adalah masa dimana anak harus mendapatkan pendidikan khusus agar pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun mentalnya secara tepat agar mampu menerima dan memberi respon terhadap stimulasi yang didapatkan dari lingkungan. Hal terpenting yang harus dilakukan pengelolan pendidikan khususnya di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini adalah mengupayakan Sekolah Ramah Anak (SRA). Sekolah ramah anak diartikan sebagai sebuah konsep sekolah yang terbuka, berusaha mengaplikasi pembelajaran yang memperhatikan perkembangan psikis maupun psikologis siswanya. Pengembangan SRA dapat dilaksanakan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), melalui kerjasama dari keluarga, masyarakat maupun sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Yulianto. Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. Artikel dimuat dalam “At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam” Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2016,
Ayu Oktira Diyanti, dkk. Lingkungan Ramah Anak pada Sekolah Taman Kanak-Kanak. Dimuat dalam “Jurnal RUAS” Vol. 12 No. 2, Desember 2014.
Hardi P., Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Artikel ini dimuat dalam “Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)” Volume 04 Nomor 1 Juni 2016.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Peberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2015., h. 14.
Kiki, dkk., Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) Pada Sekolah Percontohan Di SD Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA). Artikel ini dmuat dalam “Jurnal ISOSPOL” Tahun 2016.
Kristanto, dkk. Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. Artikel dimuat dalam jurnal “Jurnal Penelitian PAUDIA”, Volume 1 No. 1 Tahun 2011.
Ratnasari, dkk. Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak Pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar. Artikel dimuat dalam “The 5th Urecol Proceeding”, UAD Yogyakarta 18 Februari 2017.
Senowarsito, dkk., Implementasi Pendidikan Ramah Anak Dalam Konteks Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Di Kota Semarang. Artikel ini dimuat dalam “FPBS IKIP PGRI Semarang” Vol. 6 No. 1 Tahun 2012.
Wuri W., dkk., Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Artikel ini dimuat dalam “Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan”. Vol. 15 No. 1 Tahun 2018.
Published
2020-07-29
How to Cite
TUSRIYANTO, tusriyanto. PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 12-25, july 2020. ISSN 2548-6446. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/2297>. Date accessed: 06 july 2024.

Most read articles by the same author(s)