Spiritual Intelligence (SQ) and Their Relationship with Intellectual Intelligence (IQ) of MI Quhas School Students
DOI:
https://doi.org/10.32332/nizham.v11i02.7573Keywords:
Spiritual Intelligence (SQ); Intellectual Intelligence (IQ)Abstract
Dalam penelitian ini, siswa MI Quhas School Kota Jambi akan dievaluasi tingkat kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) serta hubungannya satu sama lain. Dengan complete sampling sebagai teknik pengambilan sampel, penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif. Menurut temuan penelitian yang didasarkan pada data yang dikumpulkan dan dibahas di atas, siswa di Sekolah MI Quhas Kota Jambi menunjukkan hubungan antara kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) yang didominasi oleh mereka yang mendapat nilai di kategori “sangat baik” (31,25%), “baik” (35,42%), “sedang” (20,83%), dan “rendah” (12,50%). Mengenai kecerdasan intelektual siswa, siswa menduduki kategori “sangat baik” dengan 35,42%, kategori “baik” dengan 37,50%, kategori “sedang” dengan 18,75%, dan kategori “rendah” dengan sisanya 8,33%. Hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual murid dan kecerdasan spiritual (SQ) juga dapat disimpulkan dari temuan uji korelasi (IQ). Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) siswa secara signifikan dipengaruhi oleh kecerdasan spiritual (SQ).
Downloads
References
Anam, Hairul, and Lia Ardillah. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi.” JST (Jurnal Sains Terapan) 2, no. 1 (2016): 3, https://doi.org/10.32487/jst.v2i1.118..
Ansoriy, Zakaria, and UNIDA Gontor. “Kebiasaan Membaca Al Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Kecerdasan Intelektualitas Mahasiswa.” Osf Preprints, 2021.
Antara, Agus Setiawan, Anak Agung Dwi Widyani, and Tiksnayana Vipraprastha. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Karakteristik Individu Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Roman Distribution Center Denpasar.” EMAS 3, no. 2 (2022): 25–35.
Aridhona, Julia. “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Remaja.” Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah 9, no. 3 (2017): 224–33.
Asholihah, Nur Faidah. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Perilaku Belajar, Perilaku Budaya, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.” Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi 14, no. 1 (2018).
Cahyani, Syafira Indah, and Marynta Putri Pratama. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kompetensi Dan Kepemimpinan Terhadap Keterikatan Kerja Kepala Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sempor.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA) 3, no. 6 (2021): 1168–79.
Darlis, Edfan, Amries Rusli Tanjung, and Elpista Tarigan. “Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Manajerial Pada Hotel-Hotel Berbintang 3 Di Pekanbaru,” 2015.
Daud, Firdaus. “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP) 19, no. 2 (2012): 243–55.
Farida, Ullin Nuril. “Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Self Efficacy Pada Siswa Kelas XI Di MAN 4 Madiun.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 9, no. 01 (2019): 25–34, https://doi.org/10.33367/ji.v9i01.964..
Hakim, Lutfi. “Analisis Kurikulum 2013 Dalam Membantupeningkatan Kecerdasan Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19, no. 1 (2021): 1–38, https://doi.org/10.36835/jipi.v19i1.3636..
Handayani, Sri. “Kecerdasan Spiritual Dan Prestasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Godean).” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3, no. 2 (2019).
Hanum, Syarifah. “Pendidikan Kecerdasan Intelektual Berbasis Al-Qur’an.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam) 2, no. 1 (2020): 98–107, https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i1.441..
Hartini, Tintin. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMPN 1 Kadugede Kabupaten Kuningan.” Jurnal Ilmiah Kajian Islam 1 (2017): 1–16, https://doi.org 10.24235/oasis.v1i2.1317..
Irma, Irma Fauziah. “Penguatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Pembelajaran Alquran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Ilmiah Innovative (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian) 8, no. 01 (2021):5, https://doi.org/10.53429/innovative.v8i01.171..
Jaeni, Jaeni, Achmad Badjuri, and Zati Rizka Fadhila. “Effect of Good Corporate Governance, Profitability and Leverage on Tax Avoidance Behavior Before and After Tax Amnesty (Empirical Study on Manufacturing Company Listed in Indonesia Stock Exchange Period 2015-2016),” 149–54. Atlantis Press, 2019.
Kusmiyati, Yuni, Niken Meilani, and Sriyulan Ismail. “Kadar Hemoglobin Dan Kecerdasan Intelektual Anak.” Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal) 8, no. 3 (2013): 109, http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v8i3.353..
Kusuma, Indra Cahya, and Lody Mangku Rizki. “Pengaruh Intelegence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Dan Spiritual Quotient (SQ) Terhadap Pemahaman Akuntansi Siswa Di Smk Sumpah Pemuda 2.” JURNAL AKUNIDA 3, no. 1 (2017): 29–39.
Layli Marhamah, “Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SD Bina Taruna III Kec. Medan Marelan,” Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Dan Humaniora 2, no. 02 (Juni 30, 2020): 48–48.
Lubis, Rahmat Rifai. “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak.” Jurnal Al-Fatih 1, no. 1 (2018): 1–18.
Marhamah, Layli. “Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SD Bina Taruna III Kec. Medan Marelan.” Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Dan Humaniora 2, no. 02 (2020): 48–48, https://doi.org/10.30821/alfatih.v1i1.1..
Masni, Harbeng. “Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 6, no. 1 (2017): 58–74, http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i1.41..
———. “Urgensi Pendidikan Dalam Mengembangkan Potensi Diri Anak.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 8, no. 2 (2018): 275–86, http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v8i2.110..
Nurhasanah, Nurhasanah, Busri Endang, and Sri Lestari. “Analisis Layanan Bimbingan Dan Konseling Tentang Potensi Diri Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6, no. 12 (2016): 34, http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23230..
Priadi, Andri. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Semarak 1, no. 3 (2018): 62–77.
Ratnasari, Sri Langgeng, Wanda Novita Sari, Yentina Siregar, Ervin Nora Susanti, and Gandhi Sutjahjo. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Di Kota Batam,” (2022):440, https://doi.org/10.20885/ncaf.vol4.art55.,.
Ratnasari, Sri Langgeng, Supardi Supardi, and Herni Widiyah Nasrul. “Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan.” Journal of Applied Business Administration 4, no. 2 (2020): 98–107, https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981.
Risela, Deska Amarilia. “Pengaruh Iq, Eq Dan Sq Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Mengenai Akuntansi Kreatif.” Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen 6, no. 1 (2017): 50–65, https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14332..
Rohmah, Noer. “Integrasi Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosi (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dalam Meningkatkan Etos Kerja.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 3, no. 2 (2018): 77–102.
Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish, 2018.
Saleh, Akhmad Hasan. “Sufi Governance: Aplikasi Ilmu Tasawuf Dalam Pemerintahan.” UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan 9, no. 2 (2015).
Syafira Indah Cahyani and Marynta Putri Pratama, “Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kompetensi Dan Kepemimpinan Terhadap Keterikatan Kerja Kepala Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sempor,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA) 3, no. 6 (2021): 1168, https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i6.965.
Suparto, M. “Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam,” n.d.
Wachidah, Nor Rochmatul, and M Luqmanul Hakim Habibie. “Kecerdasan Spritual Dan Emosional Dalam Pendidikan Tahfizd Al-Qur’an.” Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 11, no. 2 (2021): 65–99.
Wahidah, Evita Yuliatul. “Pembinaan Karyawati Untuk Mengembangkan Spiritual Quetiont Melalui Implementasi Program Tahsin, Tafsir Dan Tahfidz Al Quran Berbasis Masjid Di KPP Pratama Bojonegoro,” 2016.
Yuriza, Putri Emilia, Adisyahputra Adisyahputra, and Diana Vivanti Sigit. “Correlation between Higher-Order Thinking Skills and Level of Intelligence with Scientific Literacy on Junior High School Students.” Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi 11, no. 1 (2018): 13–21.