PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA PADA ANAK REMAJA DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN DI KAWASAN REAL ESTATE DESA CICALENGKA KECAMATAN PAGEDANGAN KAB. TANGERANG BANTEN

  • M. Nasor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Lutpiah Lutpiah
  • Rendra Nasrul Rifa’i
  • Esen Pramudya Utama
  • Nina Ayu Puspita Sari
  • Asriyandi Asriyandi

Abstract

Remaja  merupakan  bagian  dari  usia  perkembangan  seorang  anak  yang rentan  terpengaruhi   oleh  lingkungan,   salah  satunya  lingkungan   yang   dapat menjerumuskan  mereka  pada  kenakalan  remaja.  Sehingga  orang tua  memiliki peranan  penting  untuk  membina  keagamaan  anak  remajanya.  Salah  satu  cara orang tua adalah dengan menerapkan  komunikasi  persuasif pada anaknya. Dari latar belakang tersebut, permasalahan yang penulis teliti adalah bagaimana orang tua di kawasan real estate Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang – Banten menerapkan komunikasi persuasif pada anak remaja dalam melakukan pembinaan keagamaan dengan tujuan untuk mengetahui cara orang tua mengajak,   mempengaruhi,   dan  membina  anaknya  agar  melakukan   kegiatan keagamaan  dengan  menerapkan  komunikasi  persuasif  tersebut.  Penelitian  ini menggunakan  metode  kualitatif  dengan  jenis  pendekatan  penelitian  lapangan (field   research).   Dalam   pengambilan   sampel   peneliti   menggunakan   teknik purposive sampling  yakni dengan mengambil  sampel  dengan kriteria dan hasil sampel  berjumlah  22 orang, 11 orang tua dan 11  remaja berusia 17-20 tahun. Kemudian  teknik  yang  digunakan  dalam  pengumpulan  data  yaitu  observasi, wawancara,  dan  dokumentasi.  Adapun   hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa penerapan  komunikasi  persuasif  orang tua  dalam  pembinaan  keagamaan  pada anak remaja adalah dengan berbagai cara diantaranya mengajak anak untuk shalat berjamaah,    membaca    Al-Qur’an    bersama,    mengikuti    kajian    dimasjid, membiasakan  diri  membaca  surah yasin pada malam jumat,  serta memberikan ketauladanan untuk menciptakan akhlak yan baik bagi diri anak remaja. orang tua juga  memiliki berbagai metode dalam pelaksanaan pembinaan keagamaan yaitu keteladanan,  pembiasaan,  nasihat,  taghrib  dan  tarhib.  Penerapan  komunikasi persuasif  tersebut  memberikan  efek kepada  anak remaja,  baik  itu efek afektif, kognitif ataupun behavioral.  Sehingga menjadikan  remaja  sebagai pribadi yang paham tentang nilai-nilai ajaran agama Islam dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Abdullah Idi, Safarina, Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2015.

Ahmadi, Abu, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta : Rineka Cipta, 2009.
Ayuhan, Konsep Pendidikan Anak Salih dalam Perspektif Islam, Yogyakarta; Deepublish, 2018.
Aun al-Ma’bud, Ala Syaih Sunan Abu Daud, Beirut: Dar Ibn Hazm, 2005.
Budianor, MASJID SEBAGAI PUSAT DAKWAH ISLAM Studi tentang Aktivitas Dakwah Islamdi Masjid Raya Darussalam Palangka Raya , Penelitian IAIN Palangkaraya, 2016.
Fitriyah Mahdali, Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan, Institut Agama Islam al-Qolam Malang, Jurnal Mashdar ; Jurnal Al-Quran dan Hadits, Vol.2 No.2 2020.
Hasan Kamil al-Mathawi, Fiqh al-Ibadat ala Mazhab al-Imam Malik r.a, Kairo: Maktabah an-Nahdhah al-Misriyah, 1978.
https://jabar.kemenag.go.id/portal/read/mimbar-dakwah-sesi--keutamaan-sholat-berjamaah-dan-hukumnya.
https://artikula.id/wahyu/metode-keteladanan-abdullah-nashih-ulwan/
Iswandi Syahputra, Komunikasi Profetik, Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2007.
Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Josep Illardo, Speaking Persuasively, Mc. Millan, 1981.
Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju, 1996.
Koentjoroningrat, Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1985.
Ma’mur Daud, Terjemahan Hadis Shahih Muslim, Jakarta: Fa. Widjaya, Cet., II, 1986.
Maman Rahman, Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian Pendidikan, IKIP Press, Semarang, 1993.
Mohammad E. Ayub, Manajemen Masjid, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.
Moh. Nazir, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

M. Nasor, Studi Ilmu Komunikasi, Bandar Lampung: Fakultas Dakwah IAIN Rden Intan Lampung, 2009.

-------------, Komunikasi Persuasif Nabi Dalam Pembangunan Masyarakat Madani, Surabaya: Pustakamas, 2011.
Muhammad Suwaid, Mendidik Anak Bersama Nabi SAW, Solo: Pustaka Arafah, 2003.
Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2006.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Sari Famularsih (dkk), Pola Pembinaan Keagamaan Anak Jalanan dalam Membentuk Kepribadian, IAIN Salatiga , Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6, No.1, Juni 2014.

S. Margono, Metode Penelitian Pendididkan, Penerbit Rinieka Cipta, Jakarta, 2004.

Sudirman Tebba, Tafsir Al-Qur‟an: Rahasia Kekuatan Surat Ya Sin, Cet.1, Banten:
Pustaka Irvan, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2007.

Sutrisno Hadi, Metode Research, Yogyakarta: Andi Publisher, 2004.
.
Wright, Charles, Interpersonal Communication, California: Wardworth Publishing, 1986.
Published
2023-06-26
How to Cite
NASOR, M. et al. PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA PADA ANAK REMAJA DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN DI KAWASAN REAL ESTATE DESA CICALENGKA KECAMATAN PAGEDANGAN KAB. TANGERANG BANTEN. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 28-39, june 2023. ISSN 2541-7061. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/nizham/article/view/6974>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.32332/nizham.v11i01.6974.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.