POLIGAMI DALAM PERSPEKTIF ISLAM: Sebagai Sarana Pelaksanaan Maqashid al-Syari’ah

  • Didi Maslan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ali Imran Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Parentah Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Dalam perjalanannya, Syari’at Islam menjadi sasaran kritik yang sangat empuk oleh orang-orang yang tidak menyukai Islam terutama ketika berbicara mengenai konsep perkawinan, terutama syari’at poligami yang ada di dalamnya. Poligami dari masa ke masa selalu menimbulkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai macam dalil dan argumentasi baik dari pihak yang pro maupun kontra. Oleh karena itu, tulisan ini di maksudkan untuk membahas poligami dalam Islam sebagai sarana dalam melaksanakan maqashi al-syari’ah yang ada di dalamnya. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode studi pustaka.

References

Al-Akkad, Abbas Mahmud. Wanita Dalam Al-Qur’an, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.
Al-Hamid, H.S.A ,penerj. Agus Salim .Risalah Nikah (Hukum Perkawinan Islam), Jakarta: Pustaka Amani, 2002.
Al-Hamid, Muhammad. Islam Rahmat Bagi Wanita, Surabaya: Risalah Gusti, Cet. 1, 1992.
Al-Shabuni, Muhammad Ali. Rawai’u al-Bayan: Tafsir Ayat al-Ahkam Min Al-Qur’an, Beirut: Maktabah al-‘Ushairiyyah, 2011.
Darmawijaya, Edi. “Poligami Dalam Hukum Islam dan Hukum Positif (Tinjauan Hukum Keluarga Turki, Tunisia dan Indonesia).”Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol. 1, No. 1, 2015.
Hamid, Al-Qamar. Hukum Islam Alternative Terhadap Masalah Fiqh Kontemporer, Jakarta: Restu Ilahi, 2005.
Jamaluddin dan Nanda Amalia. Buku Ajar Hukum Perkawinan, Lhokseumawe: Unimal Press, 2016.
Katsir, Ibnu. Tafsir Al-Qur’an al-‘Adzim, Beirut: Maktabah al-‘Ushairiyyah, 2011.
Mardan. Konsepsi Al-Qur’an, Kajian Tafsir Tematik Atas Sejumlah Persoalan Masyarakat Seri 2, Makassar: Alauddin Press, Cet. I, 2012.
Misran, dan Muza Agustina. 2017. “Faktor-Faktor Terjadinya Poliandri Di Masyarakat (Studi Kasus Di Kabupaten Pidie Jaya).” Samarah: Jurnal Keluarga Dan Hukum Islam, Vol. 1, No. 1, 2017.
Muhsin, Ilyya dan Sukron Ma’mun dan Wardah Nuroniyah. ”Sexual Violence in an Islamic Higher Education Institution of Indonesian: A Maqasid Al-Shariah and Foucauldian Perspective.” Samarah: Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam, Vol. 5, No. 1, 2021.
Mutakabbir, Abdul. Menapak Jejak Poligami Nabi Saw, Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2019.
Nasution, Syamsudin. Pernikahan Beda Agama Dalam Al-Qur’an: Kajian Pro dan Kontra, Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau, 2011.
Nasution, Khoiruddin. Riba dan Poligami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Dengan Academia, 1996.
Ni’ami, Mohammad Fauzan. “Tafsir Kontekstual Tujuan Pernikahan Dalam Surat Ar-Rum: 21.” Nizham, Vol. 9, No. 1, 2022.
Nuruddin, Amir dan Azhari Tarigan. Hukum Perdata Islam di Indonesia, Jakarta: Perdana Media, 2004.
Sam’un. “Poligami Dalam Perspektif Muhmmad ‘Abduh.” Al-Hukama: The Indonesian Journal of Islamic Family Law, Vol. 2. No. 1, 2012.
Sinaga, Ali Imran. Fiqih Kontempore (Konseptual dan Isthinbath), Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya, 2020.
Sudarsono. Hukum Perkawinan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
Syam, Masiyan M. dan Muhammad Syachrofi.” Hadis-Hadis Poligami (Aplikasi Metode Pemahaman hadis Muhammad al-Ghazali).” Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, Vol. 4, No. 1, 2019.
Syuib, M dan Aji Afdillah, “Persepsi Masyarakat terhadap Izin Poligami Berdasarkan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974.” El-Usrah: Jurnal Hukum dan Keluarga, Vol. 2, No. 1, 2019.
Usman, Bustama. "Poligami Menurut Perspektif Fiqh (Studi kasus di Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Aceh)." Samarah: Jurnal Keluarga dan Hukum Islam, Vol. 1, No. 1, 2017.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wadzurriyyah, 1989.
Zulianto, Muhammad. “Studi Tafsit Q.S. Al-Nisa’ Ayat 3 Tentang Keabsahan Poligami.”Tafaqquh, Vol. 5, No. 1, 2017.
Published
2023-06-26
How to Cite
MASLAN, Didi; SINAGA, Ali Imran; LUBIS, Parentah. POLIGAMI DALAM PERSPEKTIF ISLAM: Sebagai Sarana Pelaksanaan Maqashid al-Syari’ah. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 01-11, june 2023. ISSN 2541-7061. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/nizham/article/view/5855>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.32332/nizham.v11i01.5855.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.