GERAKAN EKOFEINISME PEDAGANG PEREMPUAN PAYUNGI DALAM PENGGUNAAN PLASTIK

Authors

  • Aisyah Sunarwan IAIN Metro
  • Eka Budi Bekti Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Rina El Maza Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/jsga.v3i1.2842

Keywords:

Gerakan Ekofeminisme, Pedagang Perempuan

Abstract

Ekofeminisme bertujuan untuk membentuk kesadaran manusia dalam pentingnya menjaga keberlangsungan siklus hidup. Dengan mengajukan komunitas organik sebagai garda utama untuk membentuk masyarakat yang bertanggung jawab akan kehidupan, bukan hanya memusatkan kepentingan dan keuntungan pribadi diatas segalanya,melalui kepekaan sadar ekologi dalam kegidupan sehari-hari dengan mengurangi dan mendaur ulang limbah rumah tangga dan lingkungan, bertanam sayur organik, serta mendukung petani dan pasar tradisional.

Pasar Yosomulyo Pelangi adalah pasar yang menyajikan makanan dan jajanan tradisional, kegiatan di pasar yosomulyo bertujuan untuk bagaimana menggerakan warga untuk bisa menciptakan pergerakan ekonomi, juga tentang bagaimana memberikan kesempatan warga untuk beraktifitas yang bernilai ekonomis. Selain itu Pasar Yosomulyo pelangi juga mengajarkan bagaimana konsep pasar dan prilaku entrepreneur yang tetap memperhatikan  keramahan lingungan, dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan indah.

References

Purba, Joni. pengelola Lingkungan Sosia l, Jakarta: oba r Indonesia, 2007.

Priyatna,. Aquarini Mega Subekti, Indriyani Rachman, “Ekofeminisme dan Gerakan Perempuan di Bandung”, Jurna l Patanjala, (Fakultas Ilm u Budaya UNPAD) Volume 9, No 3 Septembe r 2017.

Astuti. “Ekofeminisme Dan Peran Perempuan Dala m Lingkungan” Indonesian Journa l O f Conservation.
Setiawan, Budi, Dini Salmiya h Fitra h, “ Kampanye Gerakan ndonesia Die t KAntong Plasti k Dala m Membentu k Presepsi Masyaraka t Bandung”, Jurna l Manajemen Komunikasi, Vo l 2, No.2, Apri l 2018.
Wahyudi, Jatmiko. Dk k. “ Pemanfaatan Limba h Plasti k Sebagai Bahan Bak u Pembuatan Bahan Baka r Alternatif”, Jurna l Litbang, Volume 14, No 1, Juni 2018
Runturambi, Josias Simon. “Sisi Kriminologi Pembalakan Hutan Ilegal”. Jurna l Kriminologi Indonesia Volume 3, No 1 Juni 2003.
Kera f, A. Sonn y.Etika Lingkungan Hidu p,Jakarta: Kompas, 2010.
Warniani, Ririn. Yunia r Pratama Ajistria, “ Pemikiran dan Aksi Feminisme Toko h Perempuan dala m Nove l Matarais Karya Abida h E l Khalieqy”. (STKI P PGRI Ponorogo), Journa l Indonesianlanguage And Literature, Volume 2, No 1 2016.
Sunarso, Siswanto. Huku m Pidana Lingkungan Hidu p Dan Strategi Penyelesain Sengketa, Jakarta: Rineka Cipta.
Tobibatussaada h, Dharma Setiawan, Ekofeminisme Leadershi p, Metro: Septembe r 2019.
Hadian, Yayan, Yulia h, Haryo Pambudi. “Memahami dan Membangun Pendekatan Penyelesaian Deforestasi dan Degradasi Hutan di Region Sumatra dan Kalimantan”, Proceding Biologi Education Conference, Volume 14, No 1 Oktobe r 2017.
Dewi, Yusma. Trisno Raharjo. “Aspe k Huku m Bahaya Plasti k Terhada p Kesehatan dan Lingkungan serta Solusinya”, jurna l kosmi k huku m, Vo l.19, No.1, 2019.
Tribawono, Bambang and Anis Mashdurohatun. "Penegakan Huku m Pidana Di Bidang Illega l Logging Bagi Kelestarian Lingkungan Hidu p Dan Upaya Penanggulangannya" Huku m XXVI, no. 2 Augus t 2011.
Tsauban, Ahmad. Wawancara dengan ketua penggera k Payungi, mingg u 19 Januari 2020.
Nurhalima.”Uji Kualitas Fisis Pengelolahan Limba h Plasti k Menjadi Bahan Baka r Alternatif”, Skripsi (Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Isla m Negri (UIN) Alaluddin Makasa r, 2015.
Ismai l, Oki Achmad. “Promosi Kampanye Die t Kantong Plasti k Ole h Greeneration Indonesia”, jurna l ilm u politi k dan sosia l, vo l VII, No.1, juni 2017.
Fatima h, Siti. “Ekofeminisme Teori Dan Gerakan”, (Institute Agama Isla m Tarbiatu t Tholaba h Lamongan).Jurna l Komunikasi Dan Penyiaran Isla m,Volume 1, No. 1, Juni 2017.

Downloads

Published

2021-06-27