Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II

Authors

  • Muhammad Munir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurul Afifah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Muhammad Najib Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7677

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai respons terhadap minimnya pemanfaatan media digital oleh pendidik dalam menghadirkan proses pembelajaran, yang kemudian menyebabkan penurunan minat belajar serta hasil belajar yang signifikan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses perancangan multimedia pembelajaran interaktif dan menguji validitasnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data melibatkan metode observasi, wawancara, dan kuesioner yang menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan hal-hal berikut: Rancangan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif melibatkan tiga tahap utama: (a) analisis kebutuhan, (b) desain, dan (c) pengembangan serta implementasi. Hasil dari penilaian para ahli, baik ahli mata pelajaran (97,33%), ahli desain pembelajaran (100%), maupun ahli media pembelajaran (98%), menunjukkan kualifikasi yang sangat baik terhadap ketiga aspek ini. Selain itu, hasil uji coba perorangan (96,67%) dan kelompok kecil (96,85%) juga menunjukkan kualifikasi yang sangat baik. Berdasarkan hasil uji validitas, multimedia pembelajaran interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan sehingga produk ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan memberikan kontribusi pembelajaran

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Siswa Kelas Dua

References

Abdulah, A. (2022). Pembelajaran Interaktif Mobile Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 127–136. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.821
Akram, A., Nurindah, N., & Nasir, N. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Desa Anrihua Kab. Bulukumba. Urnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 223–226. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jamsi.210
Anharuddin, M. M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dengan Media Pembelajaran Lectora Inspire. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 94–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1467
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89.
Arimas, D. P., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding Pada Pembeljaran IPA Kelas V SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 141–151. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.571
Assabilah, A. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi. Nusantara Educational Review, 1(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.996
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.321.8
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
Danniarti, R. (2018). Modul Panduan Profesionalisme Guru Yang Efektif Dalam Proses Pembelajaran. Palembang: Noerfitri Offset.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Education Learning Evaluation) Model in Islamic. Jurnal Inovasi Pendidik Agama Islam, 1(1), 28–37.
Hidayati, L., Amalyaningsih, R., Ningrum, A. W., Nurhayati, U., & Wakhidah, N. (2022). Respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran hybrid learning di mts negeri 2 sidoarjo. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 155–160.
Humairah, E. (2022). Media pembelajaran berbasis power point guna mendukung pembelajaran IPA SD. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(2), 249–256. https://doi.org/https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.196
Idris, M., Suroyo, S., Saabighoot, Y. A., & Houtman, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(1), 35–44. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i1.1351
Inayah, I. S. (2023). Peran Media Pembelajaran “Papan Pintar” pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2923–2936. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10049
Irkinovna, N. N. (2022). The use of Multimedia Technologies in Music Classes in Preschool Educational Institutions. European Journal Of Innovation in Norformal Education, 2(5), 281–284.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1), 114–122. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Ketut, B. A. I., & Gede, S. I. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Materi Bola Voli Kelas X SMAN 1 Tegaldlimo. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 10(3), 122–130. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjp.v10i3.52544
Kotiash, I. (2022). Possibilities of Using Multimedia Technologies in Education. International Journal of Computer Science and Network Security, 22(6), 727–732.
Kurniyawati, S. U., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai Pada Pembelajaran PPKn Kelas 3 SD/MI Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 159–171. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v5i2.7099
Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Petik, 6(1), 18–26.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. EDISI, 3(2), 312–325.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817/1853
Maulidiyah, F. N. (2020). Media pembelajaran multimedia interaktif untuk anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis web google sites pada tema 9 subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658
Nasir, L. M., & Jamiludin, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 129–142. https://doi.org/https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1041
Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/9138
Netri and Zaka Hadikusuma Ramadan. (2023). Profil Pemahaman Guru Tentang Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1832–1839. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6303
Nurhayati, N., Amrullah, A., Durrotunnisa, D., & Awalunisah, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Online Bagi Guru PAUD di Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 14–31. https://doi.org/https://doi.org/10.54259/pakmas.v3i1.1570
Nurjanah, H. (2023). Peran Orang Tua dan Guru dalam Pengembangan Karakter Anak. Jurnal Studi Islam MULTIDISIPLIN, 1(1), 148–173.
Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/https://10.29303/jipp.v8i1.1090
Praheto, Biya Ebi & Nurtani, I. C. (2022). Multimedia Pembelajaran (Cet. 1; B. E. Praheto, ed.). Yogyakarta : UST-Perss: https://journal.ustjogja.ac.id.
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 363–374.
Rahmadhani, D. D., & Sutisna, M. R. (2022). Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SDN 192 Ciburuy Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v7i1.1352
Sarie, F., Sutaguna, I. N. T., Par, S. S., Par, M., Suiraoka, I. P., ST, S., ... & Massenga, I. T. W. (2023). Metodelogi Penelitian (Cet. 1; O. S. Manulang, ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134–140. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (Cet 4). Bandung: Alfabeta.
Supriadi. (2017). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139. https://doi.org/i.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3003
Wangi, G. S., & Bukhori, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Economic and Education Journal (Ecoducation), 5(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/ecoducation.v5i1.1882
Wangi, I. D. A. N. P., & Angung, A. A. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 150–159. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355
Widiyanti, N. M. D., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Games Smart Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 20–25. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32806
Wulandari, N. P. D., & Wiarta, I. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Sifat-Sifat Bangun Ruang Berbasis Guided Discovery Materi Kubus dan Balok. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 21–32. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46270

Published

2023-12-31