Implementasi Dongeng Sains dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Annisa Yulistia Universitas Lampung, Indonesia
  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalammpembelajaran menggunakan sumber belajar dongeng sains.  Penelitian ini dilaksanakan di kelas rendah (kelas 2) di salah satu sekolah negeri di Kabupaten Pringsewu.  Jenis penelitian ini adalah action research atau penelitian tindakan kelas.  Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus.  Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu; 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi.  Alat pengumpul data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi penilaian kinerja guru dan lembar observasi penilaian keterampilan berpikir kritis siswa.  Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis datamkualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan menggunakan dongeng sains dalam kegiatan belajar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.  Hal ini dapat dilihar dari meningkatnya nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada Siklus I sebesar 65 dengan kategori “cukup” (C) meningkat pada Siklus II sebesar 79, 5 dengan kategori “baik” (B+).

Kata kunci: Dongeng sains,   keterampilan, dan berpikir kritis.

Downloads

Published

2022-04-30