INCULCATION OF ISLAMIC VALUES THROUGH CHEMISTRY SHORT STORY (CERPEN) FOR SENIOR HIGH SCHOOL
Keywords:
Nilai-nilai Keislaman, Cerpen, Islamic values, chemistry, short story, elementsAbstract
xAbstrak
Penerapan nilai keislaman melalui pembelajaran kimia harus didukung oleh kegiatan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman melalui cerpen sebagai media pembelajaran kimia. Penelitian ini diprakarsai oleh perkembangan cerpen kimia dan dilanjutkan dengan proses validasi oleh para ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan peer-reviewer. Tiga guru kimia dan 10 siswa SMA dinilai dengan menggunakan cerpen yang telah divalidasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar observasi untuk penelitian awal dan lembar validasi, 5 lembar skala penilaian (terdiri dari 11 aspek), dan lembar jawaban siswa untuk menentukan kualitas cerpen. Pembuatan cerpen kimia mengikuti model 4D yang terdiri dari 4 tingkatan: Define (definisi), Design (pembuatan), Development (pengembangan), and Disseminate (diseminasi), tapi dibatasi pada tingkat Development (pengembangan). Hasilpenilaian dan jawaban/respon siswa sebagai data kualitatif dikonversikan menjadi kuantitatif, kemudian dianalisa menggunakan statistik deskriptif untuk menentukan kualitas media tersebut. Penelitian ini berhasil mengembangkan sebuah cerpen kimia untuk pelajaran unsur-unsur kimia. Cerpen tersebut berhasil mengintegrasikan dan menerapkan nilai-nilai keislaman yang agamis, bertanggung jawab, bekerja keras, rasa ingin tahu, persahabatan, dan komunikatif. Cerpen kimia ini disusun dengan alur cerita yang disertai ilustrasi. Integrasi nilai-nilai keislaman ditunjukkan melalui presentasi dan alur dalam cerita. Untuk aspek integrasi nilai-nilai keislaman khususnya, media ini mencapai skor 66/75 (sangat baik). Hasil analisis dari keseluruhan data menunjukkan bahwa cerpen kimia memiliki kualitas yang sangat baik menurut 3 guru SMA di Yogyakarta dan Kertosono, Nganjuk, Jawa timur. Rata-rata total skor yang dicapai adalah 450/510. Cerpen kimia ini menerima respon positif dari siswa dan mencapai skor 151/160 (94,37% persentase ideal). Hal ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai keislaman dapat diintegrasikan kedalam pelajaran kimia melalui cerpen. Selanjutnya, cerpen dapat digunakan sebagai sumber belajar yang independen.
Inculcation of Islamic values through chemistry learning should be supported by teacher’s creativity. This research aims at inculcating and integrating Islamic values through a short story as a chemistry learning media. The study initiated by developing the chemistry short story and proceeded with the validation process by materials experts, media specialists, linguists, and peer reviewers. Three chemistry teachers and 10 high school students assessed the validated-short story. The instruments used in this study were interview’s guidance and observation sheets to preliminary study and validation sheets, 5 scale assessment sheets (consists of 11 aspects), and students' response sheets to determine the quality of short story. The production of chemistry short story followed the four-D model, which consists of four stages: Define, Design, Development, and Disseminate, but limited to the stage of Development. Results of assessment and response as a qualitative data was converted to quantitative, then analyzed using descriptive statistics to determine the quality of those media. This study succeeded in developing a chemistry short story for the subject matter of Chemistry of Elements. This short story successfully integrate and inculcate Islamic values, which were religious, responsibility, hard work, curiosity, friendship, and communicative. Chemistry short story was structured with a storyline that accompanied illustration. The integration of Islamic values demonstrated through the presentation and storyline in the stories. Especially for the aspect of integration of Islamic values, this media score obtained at 66/75 (Very Good). Results of the analysis of the overall data showed that the chemistry short story has a Very Good quality according to 3 high school chemistry teachers in Yogyakarta and Kertosono, Nganjuk, East Java. The average total score obtained at 450/510. This chemistry short story received a positive response from students and reached a score 151/160 (94.37% ideal percentage). It can be concluded Islamic values can be integrated into chemistry subjects through short story. In addition, the short story can be used as a source of independent learning.
Downloads
References
Aryad, Azar. Media Pembelajaran (translation: Learning Media). (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009).
Chang, Raymond. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga (translation: General Chemistry, The Basic Concept, 3rd edition). (Jakarta: Erlangga, 2004).
Diyanatin, Dinanina. Pengembangan Buku Pengayaan Cerita Anak Berbahasa Jawa Berbasis Pendidikan Karakter dalam Lingkungan (translation: Development Enrichment Story Book using Java Language for Kids Based on Characters Education on Environmental). (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013).
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem (Lesson Plan Based on System Approach) . (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Jabrohim, Sujarwanto. Bahasa dan Sastra Indonesia Menuju Peran Transformasi Sosial Budaya (translation: Indonesian Language and Literature towards Cultural Role of Social Transformation). (Yogyakarta: Erlangga, 2002).
Jafar, M. Shodiq, Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab, Yogyakarta: Al-Bidayah, Vol. 6 No. 2, Desember 2014.
Juhaya. Mengintegrasikan ilmu (Sains Tauhidullah) (translation: Integrating Science Tauhidullah). (Bandung: Konsorsium Bidang Ilmu (KBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2006).
Keenan, C.W., D.C. Kleinfelter dan J.H. Wood. Kimia Untuk Universitas Jilid 2 Edisi Keenam (translation: Chemistry for University, Vol. 2, 6th Edition). (Jakarta: Erlangga, 1984).
Kurniawan, Heru. Penulisan Sastra Kreatif (Writing of Creative Literature). (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012).
Maman Kh. Urgensi Memadukan Kembali Sains dan Teknologi dengan Islam (The urgency of integrating science-technology and Islam). (Jakarta: Pusbangsitek, 2011).
Mawardi, Imam. Kebenaran dalam Perspektif Filsafat Ilmu (translation: Truth in Philosophy of Science Perspective). Online: http://mawardiumm.blogspot.com/2008/02/kebenaran-dalam-perspektif-filsafat.html. Diakses pada tanggal 9 Desember 2014, 2008.
Mulyana, Ecep. Pengembangan Media Cerpen Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 1 (translation: Development of Chemistry Short Story for Senior High School Class XI Semester 1). (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2011).
Sudjana & Rivai. Media Pengajaran (Learning Media). (Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset, 1989).
Sukardjo & Lis Permana Sari. Penilaian Hasil Belajar Kimia (Leaning Chemistry Assessment). (Yogyakarta: UNY Press, 2008).
Sukmadinata, Nana. Landasan Psikologi Proses Pendidikan (The Basic of Learning Process Psychology). (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006).
Suyadi. Membangun Karakter Anak dengan Metode Kisah Qur’ani (translation: Building Children Character with Qur'anic Stories Method). Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume 2, 2085-0034, 2010.
Suyanto. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik (translation: Character Education in the Perspective of Theory and Practice).(Yogyakarta: UNY Press, 2011).
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu (Integrated Learning Model). (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011).
Tyra, Courtney. Bringing Books to Life: Teaching Character Education throught Children’s Literature Vol 5. Diambil pada tanggal 1 Juli 2014,darihttp://www.gpo.gov/fdsys/pkg/ERIC ED464362/pdf/ERIC-ED464362.pdf, 2013.
Yuliawati, Fitri., Penerapan Pendidikan Karakter yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah DIY, Al-Bidayah, Vol. 6 No. 2, Desember 2014.