PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA GLOBAL

  • Yuberti Yuberti Institut Agama Islam Negeri Raden Inten Lampung

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kemajuan bidang teknologi yang menjadi faktor penting bagi kemajuan dan peradaban. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peran teknologi pendidikan Islam pada era global. Sasarannya adalah mengembangkan manusia yang berkepribadian Islam, menguasai tsaqofah Islam, dan menguasai ilmu kehidupan (sains teknologi dan seni) yang memadai, dan selalu menyelesaikan masalah kehidupan sesuai dengan syariat Islam. Kesimpulan artikel ini menunjukkan bahwa teknologi pendidikan akan semakin berperan dalam dunia pendidikan. Pendidikan pada masa mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan komunikasi yang memungkinkan berinteraksi dan berkolaborasi. Teknologi dapat meningkatkan kualitas belajar apabila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting dalam kesejahteraan ekonomi. Teknologi pendidikan hanya dapat diakui sebagai suatu disiplin keilmuan apabila memberikan kemungkinan untuk dilakukannya berbagai macam penelitian yang diselenggarakan dengan pendekatan yang bervariasi sesuai dengan perkembangan paradigma penelitian.
 
This research discusses about the progression of technology which becomes an important factor for development and civilization. The purpose of this article is to describe the role of islamic technology in globalization. The goal is developing human resource who have high islamic value, mastering tsaqofah Islam, dominating islamic life skills ( science and art) and doing life’s problems accordance with islamic laws. The conclusion of this research shows that educational technology will play a vital role more in educational field. Educational in future will be considered by network of communication that enables for interacting and collaborating. Technology can upgrade learning quality, If those are used to be education and training wisely. Also, it has a role for prosperity. Technology of education can only be admited as a emperical study, If it gives possibility to be done through some researchs which held by variance of approachs accordance with paradigm research growth.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, Deni., Teknologi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011. Dawud, Abu., No.3641, At-Tirmidziy No.2683, Jaami’ul Ushuul 8/6
Http//estehgulabatu.wordpress.com/2011/11/13/perkembangan-konsep-dan- penerapan-teknologi-pendidikan (Diunduh tanggal 17 Desember 2014)
Januszewski, Alan. & Molenda, Michael., Educational Technology: A Definition with Commentary, Laurence Erlbaum Associates, 2008.
Koesoema, A. Doni., Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Gramedia, 2010.
Miarso, Yusufhadi., Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Prawiradilaga, dkk., Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2008 Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Depok; PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Uno, Hamzah B., dan Lamatenggo, Nina., Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: Remaja Rodakarya, 2011.
Published
2015-04-14
How to Cite
YUBERTI, Yuberti. PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA GLOBAL. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 137-148, apr. 2015. ISSN 2356-2420. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/akademika/article/view/439>. Date accessed: 09 july 2024.