ISLAMIC STUDIES DALAM KONTEKS GLOBAL DAN PERKEMBANGANYA DI INDONESIA

  • Zainal Abidin Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Artikel ini membahas tentang kajian Islam dalam lintas sejarah dalam konteks global dan perkembangannya di Indonesia. Permasalahan mendasar dalam kajian ini adalah mengenai akar tradisi studi Islam pada lembaga pendidikan di Indonesia. Selain itu, tulisan ini juga bermaksud menelusuri pengaruh Barat terhadap studi Islam di Indonesia. Kajian dalam tulisan ini merupakan kajian pustaka dengan pendekatan historis. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Studi Islam tidak dapat dipisahkan dari Orientalisme dalam konteks sejarah dan termasuk sejarah agama Kristen, sebab secara realitas orientalisme lebih dekat dan bersinggungan langsung dengan program imperialisme khususnya di Asia dan Afrika, dan dalam kenyataannya banyak Negara Islam berada di bagian Timur belahan dunia. Di Indonesia, Studi Islam telah lama ada dan menjadi studi yang penting, dikarenakan telah menjadi kebutuhan bagi umat Islam terutama dalam konteks akademik seperti yang dipelajari di UIN, IAIN, dan STAIN. Banyaknya intelektual muslim Indonesia yang studi di negara-negara Barat berimplikasi pada corak dan metode studi Islam di Indonesia.
 


This article discusses about history of Islamic studies in global context and its developments in Indonesia. The deep problem in this paper is about the roots of tradition of Islamic studies at educational institutions in Indonesia. Besides, this paper also intends to explore the influence of the West against toward Islamic studies in Indonesia. This paper is a literature review where the historical approach was used to investigate it. Based on the discussion, it could be summarized that the Islamic studies can not be separated from the Orientalism on the context of history and also it included the history of Christianity. Since, the reality of Orientalism closes and interacts directly with the program of imperialism as well, especially both Asia and Africa. In fact, many Islamic countries are in Eastern parts of the universe. In Indonesia, Islamic Studies had long existed and become an important study, because it has become a necessity for Moslems, especially in the academic context which is learned in UIN, IAIN, and STAIN. A number of Indonesian Moslem scholars who studied in Western have implicated on thier style also method of islamic study in Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin., Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkonektif, Yogyakarta: Putaka Pelajar 2006.
Ali, A Mukti., Ilmu Perbandingan Agama di Indonesia, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press, 1988.
An-Naim, Abdullahi Ahmed., Dekonstruksi Syari’ah, Yogyakarta: LKiS, 2011.
Arkoun, Mohammed., Rethinking Islam Common Question Uncommon Answers, Colorado: Westview Press, 1994.
Geertz, Clifford., Agama Jawa, Abangan Santri Priyayi dalam Kebudayaan Jawa, Depok: Komunitas Bambu, 2013.
Hanaf, Hassanl, Dari Akidah ke Revolusi, Jakarta: Paramadina, 2003. Hourani, Abert., Europe and Midle East,London; The Macmillan Press, 1990.
Martin, Richard C., “Islamic Studies: History of The Field”, dalam The Oxford Encyclopedia of Modern Islamic World, Vol. 2 Oxford: Oxford University Press1995
Mochtar, Affandi., Membedah Diskursus Pendidikan Islam, Jakarta: Kalimah, 2001.
Mudzhar, M. Atho., Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek, Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 1998.
Murata, Sachiko., The Tao of Islam, Bandung; Mizan, 2000.
Nasution, Harun., Pembaruan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan Jakarta; Bulan Bintang, 1996.
, Teologi Islam, Aliran-Aliran Sejarah Analisa Perbandingan, Jakarta; UI Press, 1980.
, Falsafat dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta; Bulan Bintang, 1995.
, Islam ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, jilid 1 dan 2, Jakarta; UI Press, 1980.
Rasjidi, H.M., Empat Kuliyah Agama Islam Pada Perguruan Tinggi, Jakarta: Bulan Bintang, 1974.
Said, Edward W., Orientalisme, Menggungat Hegemoni Barat dan Menundukkan Timur Sebagai Subjek, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Shimogaki, Kazuo., Kiri Islam antara Modernisme dan Post-Modernisme, Telaah Kritis
Pemikiran Hassan Hanafi, Yogyakarta: LkiS, 2012.
Zaid, Nasr Hamid Abu., Teks Otoritas Kebenaran, Yogyakarta; Lkis, 2012.
Published
2015-04-14
How to Cite
ABIDIN, Zainal. ISLAMIC STUDIES DALAM KONTEKS GLOBAL DAN PERKEMBANGANYA DI INDONESIA. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 69-84, apr. 2015. ISSN 2356-2420. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/akademika/article/view/434>. Date accessed: 09 july 2024.