SIMBOLISME DAN ESSENSIALISME KEPEMIMPINAN

KAJIAN FIKIH SIYASAH TENTANG SOSOK PEMIMPIN IDEAL MENURUT ISLAM

  • Agus Sunaryo Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto

Abstract

Setiap masyarakat pasti mendambakan lahirnya sosok pemimpin yang ideal untuk menjalankan roda pemerintahan. Sebab, hanya melalui pemimpin yang ideal, harapan dan cita-cita hidup berbangsa dan bernegara bisa terwujud. Namun demikian, mencari seseorang yang diyakini ideal untuk memimpin, bukanlah persoalan mudah. Dalam konteks Islam, perjalanan sejarah politik negara-negara Islam atau negara-negara dengan penduduk muslim mayoritas, terbukti belum mampu mewujudkan suatu pemerintahan yang benar-benar berhasil untuk membawa masyarakatnya menjadi masyarakat yang maju, damai dan sejahtera. Yang ada justeru masyarakat Barat, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, mampu menguasai peradaban di zaman sekarang dan memposisikan Islam dengan segala peradabannya di zona periferi peradaban masyarakat modern. Artikel ini akan membahas diskursus kepemimpinan Ideal menurut Islam. Fokus kajian akan diarahkan untuk menganalisa konstruksi pemikiran yang cenderung simbolis dalam menetapkan kriteria ideal bagi seorang pemimpin. Demikian pula konstruksi pemikiran yang lebih esensialis tentang kepemimpinan juga akan dibahas dalam artikel ini.


Every society looks forward to having an ideal leader to run the country. It is through the ideal leader that the society’s dreams and hopes will come true. Nevertheless, such kind of leader is very rare. It has not been found yet within the history of moslem majority countries, such leader who can bring his society into a civilized, peaceful, and prosperous. On the contrary, Western countries could make it in that it puts the moslem countries into a periferi position within modern civilization context. This writing deals with the discourse on the ideal leader seen from Islam perspective. It analizes the thought construction which tends to be very symbolic related to the criteria of an ideal leader. It also adresses the more essential thought construction pertaining to leadership.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A. Yusuf, The Holy Qur’an, Translation and Commentery, Jeddah: Dar al-Qiblah 1403 H.
Amin, Ahmad, Duha al-Islam, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2010.
Arif, Abd Salam, “Politik Islam antara Aqidah dan Kekuasaan Negara”. Dalam A. Maftuh Abegebriel dkk. Negara Tuhan: The Thematic Encyclopedi, Jogjakarta: SR- Ins Publishing, 2004.
Aziz, Abdul, Cheifdom Madinah: Salah Paham Negara Islam, Jakarta: Alvabet, 2001.
Eikelman, Dale F, dan Piscatori, James, Politik Muslim: Wacana Kekuasaan dan Hegemoni dalam Masyarakat Muslim, Alihbahasa Endi Haryono dan Rahmi Yunita. Jogjakarta: Tiara Wacana, 1998.
Hanbal, Ahmad Ibn, Musnad Ahmad ibn Hanbal, Beirut: Alam al-Kutub, 1998.
Hitti, Philip K., History of The Arab, Alihbahasa R. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: Serambi, 2005.
Khallaf, Abd al-Wahhab, Ilm Usul Fiqh, Kairo: Dar al-Qalam, 1978.
Al-Mawardi, Abu Hasan, Al-Ahkam al-Sultaniyyah, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, t.th.
Muhammad, Husein, Islam Agama Ramah Perempuan, Jogjakarta: LKiS dan Fahmina Institut, 2007.
Mujiburrahman, Mengindinesiakan Islam, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Roy, Oliver, The Failure of Political Islam, Cambridge: Harvard University Press, 1996. Said, Imam Ghazali dan Ansori, A. Ma’rud (Peny), Solusi Problematika Hukum Islam: Keputusan Muktamar, Munas dan Konbes Nahdhatul Ulama (1926-1999), Surabaya:
LTNU Jawa Timur dan Penerbit Diantama, 2005.
Shaliba, Jamil, Tarikh al-Falsafah al-Arabiyyah, Beirut: As-Syirkah al-Alamiyah li al- Kitab, 1989.
As-Suyuti, Jalaluddin, Al-Asybah wa an-Nazhair, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2010.
Taymiyyah, Ibn, Majmu’ Fatawa, T.p: Wizarah asy-Syu’un al-Islamiyah wa al-Awqaf wa ad-Da’wah wa al-Irsyad bi al-Mamlakah al-’Arabiyah as-Su’udiyah, t.th.
Wahid, Salahuddin, dkk. NU Politik, Yogyakarta: LKiS, 2004.
Az-Zuhayli, Wahbah, Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, Damaskus: Dar al-Fikr, 2010.
http//politik.kompasiana.com/2012/07/20/.
Republika, edisi Sabtu 5 April 2014.
Published
2014-03-19
How to Cite
SUNARYO, Agus. SIMBOLISME DAN ESSENSIALISME KEPEMIMPINAN. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 58-74, mar. 2014. ISSN 2356-2420. Available at: <https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/akademika/article/view/406>. Date accessed: 09 july 2024.