SPIRIT PENDIDIKAN DALAM AL-QURAN
Upaya Transformasinya dalam Kehidupan Umat di Era Global
Keywords:
Spirit, Al-Qur’an, pendidikan, globalisasi, Qoran, Edication, Globalization, transformationAbstract
Al-qur’an adalah firman Allah SWT yang digunakan sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia. Al-Qur’an, aleh karenanya, bukanlah sebuah karya akademik maupun karya fiksi. Dari segi pandangan, Al-qur’an mengandung seluruh aspek kehidupan manusia, seperti aspek sosial, politik, dan ekonomi. Fakta bahwa ada banyak ayat-ayat Al-qur’an berhubungan dengan isu-isu tersebut di atas, menunjukkan peran penting Al-qur’an dalam Islam. Karena Al-qur’an diyakini menjadi sebuah pedoman untuk manusia menuju jalan yang benar. Dengan adanya ayat-ayat tentang hukum, contohnya, manusia dipedomi untuk menjalankan dalil dan untuk menegakkan hokum dan keadilan untuk kepentingan mengembangkan peradaban berdasarkan norma-norma dan nilai Islam secara keseluruhan. Tulisan ini mencoba memamparkan dan menguji ayat-ayat Al-qur’an yang berhubungan dengan aspek-aspek kehidupan mausia, khususnya dalam aspek- aspek pendidikan, di dalam konteks global.
The Qur’an is God sayings which serve as guide for all humankind. It is therefore neither an academic work, nor fiction. The Qur’an contains all aspects of human life, for example, social, cultural, political, and economic points of view. The fact that there are many Qur’anic verses dealing with such issues shows its significance in Islam because the Quran is believed to be a guide for human to go on right path. With the existence of verses on law, for example, human are guided to enforce law and just for the sake of developing civilization based on universal Islamic values and norms. This article tries to describe and examine Qur’anic verses dealing with the aspects of human life, especially in educational aspects, in global context.
Downloads
References
Al-Kattani, Abdul Hayyie, Al-Quran dan Tafsir, dalam Jurnal al-Insan (Jakarta: Gema Insani Press), Edisi 1, tahun 1, 2005.
Al-Ashfahani, Gharibul Al-Quran, (Digital Library,al-Maktabah al-Syamilah: 2005).
Al-Jashshash, Ahkam Al-Quran, (Digital Library,al-Maktabah al-Syamilah: 2005), III/379. Al-jauziyah,Ibnul Qoyyim, Al-Amtsal fi Al-Quran, (Digital Library,al-Maktabah al-Syamilah: 2005).
Al-Indunisi,Ahmad Nahrawi Abdussalam, Ensiklopedia Imam Syafi'I, (Jakarta: Jakarta Islamic Centre, 2008).
Arsyad, M. Natsir, Ilmuan Muslim Sepanjang Sejarah: dari Jabir hingga Abdus Salam, (Bandung: Mizan, 1989).
As-Sa'dy, Tafsir As-Sa'dy, (Digital Library,al-Maktabah al-Syamilah: 2005).
Abdullah, Taufik et.al (editor) Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, (Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002).
Anonim, Jam'iah Al-Islah Al-Ijtima'i, Globalisasi dalam Timbangan Islam, (Solo: Penerbit Era Intermedia, 2002).
Amer Al-Roubaie, Globalisasi dan Posisi Peradaban Islam, dalam jurnal Islamiyah Tahun I No. 4/Januari-Maret 2005 (Jakarta: Institute for Study of Islamic Thought and Civilization [INSIST] dan Khoirul Bayan, 2005).
Andrew Jamison, Globalization and the Revival of Traditional Knowledge, dalam Schimdt dan Hersc (editor), Globalization and Social Change (London/New York: Routledge, 2000).
Azizy,Ahmad Qodri, Melawan Globalisasi: Reinterpretasi Ajaran Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004).
Fathurrahman dan Mustari, Mencoba Memahami Al-Quran secara Sosiologis, Artikel dalam An-Nur Jurnal Studi Islam (Jogjakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran An-Nur), Vol. 2, No. 3 September 2005)
Fadjar,A. Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Yayasan Pendidikan Islam FAJAR DUNIA)
Fauzi,Ihsan Ali, Kaum Muslimin dan Tafsir Al-Quran: Survey Bilbiografis Atas Karya-karya dalam Bahasa Arab, Artikel dalam Jurnal Ulumul Quran (Jakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat [LSAF], 1990), Vol. II 1990.
Ghazali,Syeikh Muhammad, Kaifa Nata'asyar Ma'a Al-Quran (Dar al-Wafa).
Goleman, Daniel Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,1999).
Habib, Hasan, Peta Politik Internasional dan Pengaruhnya terhadap Konstalasi Perpolitikan Indonesia”, Paper disampaikan pada Munas Alim Ulama DPP PKB, 28 Mei 2003.
Husaini, Adian,”Wajah Peradaban Barat: dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular-Liberal”, (Jakarta: Gema Innsani Press, 2005).
Ibad , al-Shahib bin, al-Muhith fi al-Lughah, (Digital Library,al-Maktabah al-Syamilah: 2005).
Katsir,Ibnu, Tafsir Al-Quran al-'Azhim, (Digital Library,al-Maktabah al-Syamilah: 2005). Kurzman, Charles (editor), Wacana Islam Liberal: Pemikiran Islam Kontemporer tentang Isu-isu Global, (Jakarta: Paramadina, 2003).
M. Moeliono (peyunting), Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990). Mansur, Menyeimbangkan IQ, EQ, SQ dalam Pendidikan Berwajah Insani, Artikel dalam MILLAH Jurnal Studi Agama Vol. V, No. 1, Agustus 2005, (Jogjakarta: Program Pasca Sarjana, Magister Studi Islam Universitas Islam Indonesia, 2005).
Muzadi,A. Muchith, NU dan Fiqih Kontekstual, (Yogyakarta: LKPSM, 1995).
Mudzhar, M. Atho, Masyarakat Indonesia Baru dalam Perspektif Global, dalam jurnal Mukaddimah, No. 8 Tahun. V 1999, (Yogyakarta: Kopertais, 1999).
Miharso, Pendidikan Keluarga Qurani, (Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2004).
Nasr, Sayyed Hossein (editor), Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam, (alih bahasa Rahmani Astuti), (Bandung: Mizan, 1997).
Pojman,Louis P., Global Political Philosophy, (New York: McGraw Hill, 2003). Qaththan,Manna' Khalil, Mabahits fi 'Ulum Al-Quran, (Dar al-Fikr) hal. 100-117).
Quthub, Sayyid, Fizhilal Al-Quran, (Beirut: Dar Al-Syuruq), 1985, I/261.
Qodir,Zuli, Wajah Islam Liberal di Indonesia: Sebuah Penjajakan Awal, dalam al-Jami'ah Journal of Islamic Studies No. 2 Vol. 40.
Rahardjo,M. Dawam, Ensiklopedi Al-Quran: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci, (Jakarta: Paramadina, 2002).
Shihab, M.Quraish, Wawasan Al-Quran,(Bandung: Mizan, 2000).
Shihab, M.Quraish, Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dankeserasian Al-Quran, (Jakarta: Lentera Hati, 2007).
Yandianto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Bandung: Penerbit M2S, 1997).
ZA. Maulani, “Dakwah dalam Era Globalisasi” Makalah disampaikan dalam ASEAN Yuoth Camp, Jakarta, 1 Oktober 2002.