MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA YANG PANCASILAIS DI SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG DAN SDIT PERMATA BUNDA III SUKABUMI BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.32332/akademika.v23i2.1242Keywords:
Management, Integrated Islamic school, PancasilaisAbstract
Abstract
This study aims to determine the development of quality management-based teaching staff at SDIT Muhammadiyah Gunung Terang and SDIT Permata Bunda III Sukabumi Bandar Lampung. The focus of the problem in this study was on the management aspects of teacher quality coaching. This study used a qualitative approach with a case study design. Data is collected through: 1. Interviews with Principals, Foundation Managers and Teachers. 2. Data is also collected by examining and collecting relevant documents. 3. Make direct observations in both schools. To test the validity of the data used credibility, transferability, dependability, and confirmation. The collected data were analyzed by data analysis techniques including: data reduction (data reduction), presentation of data (display), verification / conclusion (conclusionsdrowing / verifiying). The results of the study showed that the two schools had implemented a modern teacher development pattern through the implementation of three-step management, namely planning, implementation and evaluation. The orientation of teacher development is directed at two main things, namely the achievement of high academic competencies (pedagogic, social, personal and professional), spiritual competencies that are "uswatun hasanah" and istiqomah based on Islamic teachings: Al-Qur'an and Al-Hadist and students' character become the successor of the nation's Pancasilais.
Keywords: Management, Integrated Islamic school, and Pancasilais.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan mutu tenaga pendidik berbasis manajemen di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang dan SDIT Permata Bunda III Sukabumi Bandar Lampung. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah pada aspek manajemen pembinaan mutu guru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data dikumpulkan melalui : 1. Wawancara dengan Kepala Sekolah, Pengurus Yayasan dan Guru. 2. Data juga dikumpulkan dengan memeriksa dan mengumpulkan dokumen yang relevan. 3. Melakukan observasi langsung di kedua sekolah. Untuk menguji keabsahan data digunakanujicredibility, transferability, dependability, danconfirmability. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data meliputi : reduksi data (data reduction), penyajian data (display), verifikasidata atau penarikan kesimpulan (conclusionsdrowing atau verifiying). Hasil penelitian menunjukkan kedua sekolah sama-sama telah menerapkan pola pembinaan guru yang moderen melalui implementasi tiga langkah manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Orientasi pembinaan guru diarahkan pada dua hal utama yaitu pencapaian kompetensi akademik yang tinggi (paedagogik, sosial, kepribadian dan profesional), kompetensi spiritual yang “uswatun hasanah” dan istiqamah berlandaskan ajaran Islam: Al-Qur’an dan Al-Hadist dan karakter anak didik menjadi penerus bangsa yang pancasilais.
Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Islam Terpadu, dan Pancasilais.
Downloads
References
Kadarisman, Yoskar, dan Ary Saputra. “Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak ke Sekolah Islam Terpadu (Studi pada Sdit-al-madinah Kota Pekanbaru).” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau 2, no. 2 (2015).
Kurniawan, Oleh Hendra. “Mewujudkan Masyarakat Pancasilais,” t.t., 3.
Martinis, Yamin dan Maisah. , Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.
Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI -Press, 1992.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.
———. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Mulyadi, Ramayulis. Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Islam,. 2017.
Noor, Fu’ad Arif. “MANAJEMEN GURU RAUDLATUL ATHFAL (RA) DALAM TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM).” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2015): 21.
Noventari, Widya. “HARMONISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM SISTEM AMONG SESUAI DENGAN ALAM PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA.” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 1, no. 1 (2016): 10.
Rahman, Arif. “Paradigma Kritis Pancasila dalam Dimensi Pendidikan Islam” 10, no. 1 (2015): 20.
Stephen P. Robbins, Mary Coulter,. Management ( Eleventh Edition),. One LakeStreet, Upper Saddle River, New Jersey 07458: publishing as Prentice Hall Pearson Education, Inc., 2012.
Sudarman, Danim. Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitianuntuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfa Beta, 2012.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, t.t.
Sulaiman, Deded. “MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN MODERN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK:,” t.t., 8.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Yin Robert, K. Studi kasus ( Desain dan Metode). Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2011.