Pendampingan Penguatan Kemampuan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Siti Annisah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Yunita Wildaniati Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Firma Andrian Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Ahmad Madkur Deakin University, Australia
  • Sujana Sujana Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Yossy Imeilda Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Alfariska Febriyanti Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Riyadlatun Naimah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/dedikasi.v6i1.8891

Abstract

Kemampuan melakukan penelitian tindakan kelas merupakan bagian penting dari kompetensi profesional seorang guru. Namun faktanya banyak guru yang masih enggan dan kesulitan dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Kegiatan ini bertujuan melakukan pendampingan kepada guru MI untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas.  Model pengabdian yang digunakan adalah Community Based Research (CBR). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantatitif yang berupa persentase. Riset pengabdian ini menghasilkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan kepada guru MI memiliki kontribusi dalam meningkatkan motivasi dan kompetensi guru melakukan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian, kegiatan pendampingan kemitraan antara dosen dan guru memiliki dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan baik di pihak perguruan tinggi maupun di sekolah

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

04-05-2024

How to Cite

Pendampingan Penguatan Kemampuan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. (2024). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 65-72. https://doi.org/10.32332/dedikasi.v6i1.8891