Pembentukan dan Pendampingan Jama’ah Pembaca Al-Barzanji di Kota Metro
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi.v6i1.8014Abstract
Masyarakat yang senantiasa melestarikan tradisi membaca Al-Barzanji di masyarakat muslim perkotaan. Oleh karena itu, Warga membutuhkan orang untuk membacanya pada moment-momen tertentu. Masjid seharusnya juga mampu memfasilitasi kebutuhan jama’ahnya nyatanya tidak demikian. Pengabdian ini menggunakan metode pengabdian Participation Action Research (PAR) untuk memberikan dan meningkatkan pemahaman terhadap tentang cara baca Al-barzanji di Musola As-Salam Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, sehingga nantinya Jama’ah Musola mampu membaca Al-Barzanji dengan benar. Hasil dari pengabdian ini adalah Upaya pendampingan pembacaan Al-Barzanji pada Jama’ah Musola As-Salam Yosomulyo dalam membentuk Tim Al-barzanji Musola As-Salam yaitu dengan melakukan koordinasi dengan pihak Pengurus Musolla As sala, Studi Pendahuluan guna mengetahui problem keagamaan yang berada pada lokasi serta melakuka pelatihan pembacaan Al barzanji yang dilakukan sebanyak enam kali. Hasil pendampingan pembacaan Al-Barzanji pada Jama’ah Musola As-Salam yaitu terbentuknya tiga Tim pembacaan Al barzanji yang dapat dimanfaatkan Jama’ah dan Warga sekitar As salam dalam melakukan beberapa ritual keagamaannya
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.