Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Keterampilan Mengajar Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi.v6i1.7911Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Guru – Guru di Sekolah Dasar dalam merancang model pembelajaran inovatif berbasis ketrampilan mengajar abad 21, sebagai Upaya dalam memenuhi kompetensi peserta didik Abad 21. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode cera,ah, diskusi dan praktek terbimbing. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di SD Negeri Melayu 5, Banjarmasn dan diikuti oleh selurruh Guru, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa magang. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memiliki pengetahuan tentang macam- macam model pembelajaran inovatif serta memiliki ketrampilan dalam merancang model pembelajaran inovatif berbasis ketrampilan mengajar abad 21. Hasil pendampingan tersebut terlihat dari evaluasi kegiatyan yang menunjukkan bahwa pemahaman peserta terkait materi yang disampaikan adalah 90% dan tingkat keterampilan peserta dalam merancang model pembelajaran inovatif mencapai lebih dari 90%. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pendampingan perancangan model pembelajaran inovatif berjalan dengan sukses dan berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.