Pendampingan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berbasis Digital bagi Guru sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran

Authors

  • Sri Wahyuni IAIN Metro
  • Zuhairi Zuhairi IAIN Metro
  • Eka Yuniasih IAIN Metro
  • Atik Purwasih IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/d.v4i1.4861

Keywords:

Instrumen Evaluasi, Digital

Abstract

Pada era digital saat ini pendidik tidak hanya dituntut untuk mampu menyusun instrumen evaluasi yang berkulitas baik tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi yang ada..Tujuan dari dialaksanakan kegiatan pendampingan penyusunan instrument evaluasi berbassis digital bagi guru sebagai peningkatan mutu pembelajaran adalah agar guru memiliki pengetahuan tentang penyusunan instrumen evaluasi berbasis digital, guru memiliki pengetahuan aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membuat intrumen evaluasi pembelajaran bagi peserta didik dan guru mempunyai  keterampilan dalam membuat instrumen evaluasi yang menarik menggunakan aplikasi yang sesuai dengan perkembangan peserta didik serta hasil belajar peserta didik dapat diukur dengan baik, kemudian dapat dilakukan remedial bagi siswa yang membutuhkan.Strategi yang digunakan pada kegiatan riset pengabdian ini adalah penggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Langkah-langkah yang dilakukan pada kegiatan pengabdian ini meliputi (1) Melakukan pendekatan kepada guru SMK Khalifah Bangsa, yaitu melakukan wawancara terhadap kebutuhan guru dalam proses evaluasi pembelajaran, (2) Melakukan kajian silabus, (3) Membuat desain intrumen evaluasi pembelajaran berbasis digital, (4) Pelaksanaan pendampingan, yaitu tahap inti dari seluruh rangkain kegiatan pengabdian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-06-2022

How to Cite

Pendampingan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berbasis Digital bagi Guru sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran. (2022). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 42-48. https://doi.org/10.32332/d.v4i1.4861

Similar Articles

1-10 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)