ANALISIS Q.S AN-NAHL AYAT 125 SEBAGAI METODE DALAM KONSELING ISLAMI
DOI:
https://doi.org/10.32332/xhwgyn17Keywords:
Metode, Konseling Islami, An-Nahl 125Abstract
Penelitian dilantar Belakangi oleh keinginan untuk menggali metode konseling Islam, yang diambil dari Qs An-Nahl 125 bahwasanya Agama merupakan pondasi utama manusia tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia telah dijelaskan dalam al-Quran, Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia. Adapun jenis penelitian kepustakaan dan data yang di peroleh di analisis dengan menggunakan analisis isi dari hasil penelitian terdapat 3 metode konseling dalam surah An-Nahl 125, Ada tiga metode yaitu Al-Hikmah, metode yang dilakukan penuh kebijaksanaan dan penuh hikmah, jenis metode ini di tujukan kepada klien Mauidzah Hasanah, yaitu metode yang bertujuan agar konselor mampu memberikan nasehat pembelajaran yang baik. Konsep jadilhum Billati Hiya ahsan, yakni dialog yang baik tujuan konseling untuk mengatai klien yang bersikap angkuh. Hasil analisis dan imlementasi dari konseling islam bahwasanya agama adalah utama yang paling kuat yang berperan penting dalam kehidupan yang sudah jelas tertuang dalam Al-Quran yang peneliti lakukan dan dapat memberikan wawasan mengenai metode bimbingan dan konseling islam cara bijaksana , kelembutan dan dialog yang benar
References
Ahmad Putra. (2019). Dakwah Melalui Konseling Individu. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 97–111. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1201
Almas, A. F. (2024). Universal Religious Learning Model (Studi Pengamalan Al Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 227–244. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.16368
Arkiang, F., & Adwiah, R. (2019). Konsep Dakwah Mauidhatul Hasanah dalam Surat An-Nahl Ayat 125. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.329
Daulay, N., Hanum, A., Siregar, M. D., & Siregar, M. F. S. (2022). Konseling Islami Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Zakiyun Najah. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7(2), 91–98.
Harahap, J. S., & Irman. (2024). Konseling Keluarga Persfektif Q . S At-Tahrim Ayat 6. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.55352/bki.v4i2.1027
Himsonadi, & Darmawan, R. (2017). Jadal dalam Pandangan Pendidikan dan Konseling. Al-Tazkiah, 6(1), 44. http://eprints.walisongo.ac.id/8732/
Ismail, T. (2023). Relevansi Surat an-Nahl Ayat 125 Dengan Metode Bimbingan DanKonseling Islam. Aflah Consilia : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 76–84.
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Non Formal, Vol 1 no 1(52).
Khoiruddin, Ahmad, Suwito, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1), 38–43. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/42632
Kholiq, A., & Shofiyah, S. (2022). Implementasi Al-Hikmah Dalam Metode Dakwah Di Surah An-Nahl Ayat 125. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 164–172. https://doi.org/10.58518/alamtara.v6i2.1155
Maullasari, S. (2018). Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling Islam ( Bki ). Ilmu Dakwah, 38(1), 162–188. http://eprints.walisongo.ac.id/8732/
Oseptharia, A. A. S., & Wardhana, A. (2018). Analisis Model Bisnis Pada Armor Kopi Bandung Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Analysis of Business Model At Armor Coffee Bandung Using Business. E-Proceeding of Management, 5(2), 2531–2537.
Pasilaputra, D. (2016). Pendekatan Psychotherapy Agama Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang (LGBT). JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 1(2), 96–109.
Prasetya, M. A. (2014). Korelasi Antara Bimbingan Konseling Islam dan Dakwah. Addin, 8(2), 409–424.
Purnama, R. (2018). Pelaksanan Layanan Konseling Islami Melalui Pendekatan Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Formal. Jurnal Nizhamiyah, VIII(2), 78–93.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Rouzi, K. S., Afifah, N., Yarni, L., & Widiyanti, R. (2023). Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Islamic Home Schooling). Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 32. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).32-39
Sukandar, W., & Rifmasari, Y. (2022). Bimbingan dan Konseling Islam : Analisis Metode Bimbingan dan Konseling Islam dalam Qur`an Surat An-Nahl ayat 125. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(1), 87–100. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3302
Sulaikho’, S., Rahmawati, R. D., Kholilah, I., & Hasbullah, K. A. W. (2020). Pelatihan Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar Melalui Metode At-Tartil bagi Orang Tua Santri TPQ Desa Brodot Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1023
Tohari, S., Prasetia, M. E., & Hayati, S. A. (2023). Implementasi Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan Pada Remaja Awal (12-15 tahun). Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 6(1), 130–140. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i1.2031
Yusliana, Nurina, P., & Desi, S. (2024). Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak Penghafal Al-Quran Pada Suku Batak Pakpak. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 9(1), 1–13.