UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGUNAKAN MEDIA KOLASE DI KELOMPOK B TK AISYIYAH KAUMAN METRO

Kreativitas, Kegiatan Kolase, Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Nur Azizah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Isti Fatonah
  • Nindia Yuliwulandana
  • Revina Rizqiyani
  • Vina Erviani

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i2.4743

Keywords:

Kreativitas, Kegiatan Kolase,Anak Usia Dini

Abstract

Kreativitas anak kelompok B TK Aisyiyah Kauman Metro belum berkembang secara optimal, dari 21 anak di kelas ada 14 anak yang kreativitasnya belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 21 anak. Obyek yang diteliti adalah kreativitas anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas anak mengalami peningkaan pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) sebesar 85,71% setelah diberikan tindakan melalui kegiatan kolase menggunakan bahan kertas dan bahan buatan yang memberikan kebebasan anak untuk bereksplorasi, memilih bahan dan warna yang cocok, bebas menggunting, menyobek, memotong dan menggulung bahan sesuai keinginan serta menggunakan alat-alat yang disediakan sesuai dengan kebutuhan anak. Peningkatan tersebut berupa anak mampu membuat bentuk tempelan dari bahan kolase dengan bervariasi dan menjawab pertanyaan dari guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas anak kelompok B TK Aisyiyah Kauman Metro dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase.

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Aziz, R. (2010). Psikologi Pendidikan Model Pengembangan Kreativitas dalam Praktik Pembelajaran. UIN-Maliki Pres.
Muharrar, S., & Verayanti, S. (2013). Kolase, Montase, dan Mozaik. Erlangga.
Muliono, & Anton. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Puataka.
Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Remaja Rosda Karya.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Permendikbud Nomor 37 Tahun 2014 Pasal 1 Ayat (2). (n.d.).
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.
Solichah, S. (2017). Keterampilan Kolase. Indopublika.
Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenada Media Group.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Bumi Aksara.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) UU NO 20 TAHUN 2003. (n.d.).

Published

2022-07-01