Tathwîr Wihdah Dirâsiyyah fî ‘Ilm an-Nahwi li Thalabah bi al-Ma’had As-Salafiy

Authors

  • Zazinatul Walidah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Koderi Koderi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Rumadani Sagala Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Sovia Masayu Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Erlina Erlina Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijalt.v4i02.5448

Keywords:

Development; module; learning nahwu.

Abstract

This study aims to develop and the effectiveness of the learning module qowaid an-nahwiyah, with an research and development research approach of the eight-stage Borg and gall development model, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision,use trial. Validators are material, media and learning experts. Data analysis by t-test. The results of the study 1) the process of developing the module 2) the quality of the developed module is very feasible with the percentage of material 96% in the very good category then media 95% very good category, then learning of 96% category is good, the results of the responses from the students stated that they were very interesting. The effectiveness of the product can be seen from the increase in learning outcomes reaching 14.35. It was concluded that the al-qowaid al-nahwiyah module developed by the researcher was effective, feasible for learning nahwu.

References

Ati, Suryaning, Rusijono, and Suryanti, ‘Pengembangan Dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.4 (2021), 2685–90

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning, Pesantren Dan Tarekat (Bandung: Mizan, 1995)

Cecep Kustandi, M P, and M S Dr. Daddy Darmawan, Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyrakat (Prenada Media, 2020) <https://books.google.co.id/books?id=cCTyDwAAQBAJ>

Elham, Elfiyansyah, Kaidah-Kaidah Bahasa Arab Dasar-Dasar Ilmu Nahwu & Shorof Bagi Pemula & Lanjut Usia: Bahasa Yang Mudah Dipahami Bagi Pemula, 9789797623098 (samarinda: Mujahidin Press - Xuster Flash) <https://books.google.co.id/books?id=u0YlEAAAQBAJ>

Fatchurrozaq, Irsyad Kholis, ‘Pengembangan Bahan Ajar Modul Bahasa Arab Berperspektif Gender Bagi Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah’, El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6.2 (2018), 191–221 <http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3553>

Gunawan, R, Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar /Modul Pembelajaran, 0 (Feniks Muda Sejahtera, 2022) <https://books.google.co.id/books?id=F2JlEAAAQBAJ>

Hamid, Muhammad Muhyidin Abdul, Ilmu Nahwu (Yogyakarta: Media Hidayah, 2010)

Hapsari, Intan Indria, and Mamah Fatimah, ‘Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Muhammadiyah Cirebon’, Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 2021, 187–94

Hukma Salmin, Andini, Gias Nuraliah, Risa Rahmawati Apriliani, Fitria Nurulaeni, Jl Raya Cibatu Cisaat No, Cibolang Kaler, and others, ‘Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa’, Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1 (2015), 66–71 <https://senapadma.nusaputra.ac.id/index>

Kependidikan, direktorat tenaga, direktorat jenderal peningkatan Mutu, pendidik dan tenaga Kependidikan, and departemen pendidikan Nasional, ‘Penulisan_Modul_Direktorat_Tenaga_Kepend’, 2008, pp. 1–27 <https://www.academia.edu/24741148/PENULISAN_MODUL_DIREKTORAT_TENAGA_KEPENDIDIKAN_DIREKTORAT_JENDERAL_PENINGKATAN_MUTU_PENDIDIK_DAN_TENAGA_KEPENDIDIKAN_DEPARTEMEN_PENDIDIKAN_NASIONAL_2008.>

Koderi, Koderi, ‘Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik’, Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 10.01 (2018) <https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2596>

Muh. Fahrurrozi, M, Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis Dan Praktik, 1 (Insan Institute, 2020) <https://books.google.co.id/books?id=GyQnEAAAQBAJ>

Nurrita, Teni, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3.1 (2018), 171 <https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171>

Pelajaran, Mata, and Administrasi Server, ‘UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA’, 2009

Pendidikan, Kajian, Islam Volume, Print Issn, and Online Issn, ‘Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember’, 3 (2019)

Prasetyo, A, A B Sakti, D Gartika, and M Z Arifin, BUNGA RAMPAI INOVASI BERKELANJUTAN: KEPEMIMPINAN, KEBIJAKAN, SISTEM, EKONOMI, LINGKUNGAN DAN PEMERINTAHAN (Indocomp, 2018) <https://books.google.co.id/books?id=cndsDwAAQBAJ>

Sahriah, ‘Thabiea : Journal of Natural Science Teaching Respon Siswa Terhadap Alat Pirolisis Sampah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di SMP Musi Rawas’, 02.02 (2019), 95–104

Saski, Nabilah Hamudiana, and Tri Sudarwanto, ‘Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran’, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9.1 (2021), 1118–24

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (Bandung: alfabeta, 2018)

Sungkono, Sungkono, ‘Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran’, Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5.1 (2009), 1–13

Syahrial, Asrial, Dwi Agus Kurniawan, and Suci Okta Piyana, ‘E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi’, JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21.2 (2019), 165–77 <https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030>

Triyono, S, Dinamika Penyusunan E-Modul (Penerbit Adab, 2021) <https://books.google.co.id/books?id=1dMeEAAAQBAJ>

Wijaya, K, S Siregar, S Sutrisno, S Z Yuzni, R A Sari, I Idris, and others, Pembelajaran Metode Team-Base Project Menggunakan Product Oriented Module (Yayasan Kita Menulis, 2021) <https://books.google.co.id/books?id=v-c_EAAAQBAJ>

Yogica, Relsas, Lufri Lufri, and Ramadhan Sumarmin, ‘Efektifitas Modul Bergambar Disertai LKS Berorientasi Konstruktivistik Terhadap Proses Dan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi SMA’, Penelitian Pendidikan, 5.1 (2014), 65–73

الشعراني, إياد فؤاد, and غسان جميل الوزير, ‘No Titleالتعويضات المتحركة الكاملة و التعويضات الفكية الوجهية’, منشورات جامعة دمشق, 1999.December (2006), 1–6

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Tathwîr Wihdah Dirâsiyyah fî ‘Ilm an-Nahwi li Thalabah bi al-Ma’had As-Salafiy. (2022). International Journal of Arabic Language Teaching, 4(02), 191-205. https://doi.org/10.32332/ijalt.v4i02.5448