Pengaruh Tingkat Margin dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah di BPRS Metro

Authors

  • Enneng Nisa Alfviani Safitri

DOI:

https://doi.org/10.32332/finansia.v2i2.1637

Keywords:

Perbankan Syariah, Nasabah, Margin, Kepuasan, Pelayanan

Abstract

Keberadaan bank berprinsip syariah tidak terlepas dari faktor margin dan pelayanan. Nasabah mulai selektif dalam menentukan tempat untuk melakukan pembiayaan. Hal tersebut membuat bank syariah untuk mengambil kebijakan penetapan margin yang kompetitif dan pelayanan yang baik diharapkan nasabah bisa mencapai nilai kepuasan pada bank syariah. Tujuan utamanya agar nasabah bisa memilih untuk menggunakan jasa bank syariah yang berdampak pada berkembangnya perbankan syariah di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan tujuan untuk meneliti pengaruh tingkat margin dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah di BPRS Metro Madani. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor yang paling memberikan pangaruh pada produk pembiayaan Murabahah di BPRS Metro Madani Kota Metro adalah pelayanan. Pada Pengujian Beta dapat dilihat bahwa nilai pada Variabel Tingkat Margin (X1) adalah sebesar 0,388 sementara untuk Variabel Pelayanan (X2) adalah sebesar 0,754. Hal ini menunjukan bahwa Beta X1 < Beta X2 yang memiliki arti faktor pelayanan adalah faktor dominan pada kepuasan nasabah. Sehingga pelayanan menjadi faktor kepuasan nasabah pembiayaan murabahah pada BPRS Metro Madani Kota Metro.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-23

How to Cite

Pengaruh Tingkat Margin dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah di BPRS Metro. (2019). FINANSIA : Jurnal Akuntansi Dan Perbankan Syariah, 2(2), 145-158. https://doi.org/10.32332/finansia.v2i2.1637